Your Cart

Your shopping cart is currently empty

Shop Now

Cara Sederhana Mengenalkan Sopan Santun Kepada Si Kecil

articles/custom_resized_740b35bf-8fbc-492f-99b0-7bbd4878296c.jpg

 

 

Sopan santun merupakan bekal dasar yang wajib dimiliki Si Kecil sejak dini. Namun, kian mengikuti zaman, kita banyak melihat nilai atau sikap sopan santun yang dimiliki generasi muda kian hilang. Maka tugas orang tua mengajarkan perilaku positif dan juga sopan santun agar Si Kecil nantinya dapat mudah diterima serta menjalin hubungan di masyarakat.

 

Ada beberapa cara sederhana perilaku sopan santun  yang bisa ditanamkan kepada Si Kecil sejak dini. Yuk simak!

 

Membiasakan Mengucapakan “Terima Kasih”, “ Tolong”, “Maaf” dan “Permisi”.

 

Kata-kata sederhana namun ajaib jika bisa diterapkan Si Kecil dalam kehidupan sehari-harinya kelak. Moms, bisa mulai dengan mengajarkan kata-kata sederhana ini dengan memberi contoh atau mengunakan setiap hari di rumah. Seperti mulai sesuatu dengan lata “tolong” Ketika membutuhkan bantuan, lalu ucapkan “terima kasih” jika menerima sesuatu. Dan jangan lupa untuk terapkan kebiasaan ini pada seluruh anggota keluarga lainnya.

 

Etika Berbicara

 

Mengajarkan etika berbicara dengan sopan kepada si Kecil sejak dini sangat dianjurkan. Hal sederhana bisa dimulai dari menatap lawan bicara, tidak memotong pembicaraan, tidak berteriak,  serta menjawab jika orang lain bertanya.

 

Etika Saat Makan

 

Etika makan atau table manners juga dianjurkan untuk Moms ajarkan Si Kecil sejak dini. Mulai dari makan dengan duduk tenang, menggunakan sendok serta alat makan lainnya, serta biasakan makan tanpa menonton di tv maupun gadget.

 

Etika Bertamu Maupun Bertemu Orang Lain

 

Saat bertamu ataupun bertemu dengan orang lain, ajarkan Si Kecil mengucapkan salam, seperti “hai” atau “samapi bertemu lagi”.

 

Menjaga ketenangan

Salah satu sikap sopan santun lain yang perlu diajarkan kepada Si Kecil sejak dini adalah menjaga ketenangan. Moms dapat melakukannya dengan cara tidak membiarkan Si Kecil berlarian di restoran atau tempat umum dan tidak membiarkan Si Kecil berteriak serta membuat kegaduhan.