Ide Belajar Untuk Anak Usia 2 Tahun

Ide Belajar Untuk Anak Usia 2 Tahun

 

 

Moms, Si Kecil sudah memasuki 2 tahun, itu berarti dia sudah menjadi seorang balita ya. Tentunya kini ia sudah siap belajar tentang hal-hal baru di dalam hidupnya. Untuk mendukungnya, Mom dapat melakukan kegiatan atau aktivitas yang tak hanya menyenangkan tapi juga edukatif. Dilansir melalui situs Parents, kunci agar Si Kecil tertarik belajar adalah dengan melakukan berbagai aktivitas sehari-hari yang menyenangkan! Apa saja sih ide belajar yang tepat untuk anak usia 2 tahun? Yuk simak di bawah ini!

 

Ajari Mereka Cinta Membaca

Walaupun belum bisa membaca, mengajak Si Kecil untuk mulai mengenal buku dan membaca  akan memberikan stimulasi yang baik untuk perkembangan otaknya. Moms bisa mengajak mereka membaca buku-buku yang interaktif dengan pernuh warna-warni. Karena saat Moms membaca, Si Kecil tak hanya melihat visual bukunya saja tapi juga mendengar kata-kata yang diucapkan Moms yang akan masuk ke dalam memori otaknya.

 

Ajari Mereka Mengenal Angka

Meskipun diusianya saat ini mereka sudah mulai dapat berhitung mulai dari 1 hingga 10 secara berurutan, namun pada dasarnya kemampuan tersebut belum sepenuhnya sempurna. Maka Mom perlu melakukan stimulasi dengan mengenalkan angka-angka secara rutin. Aktivitas pengenalan angka pun bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan seperti menghitung anak tangga, jumlah pensil, menghitung buah di supermarket dan lain-lainnya.

 

Ajari Mereka Mengenal Huruf

Di usia 2 tahun Si Kecil biasanya akan mulai mengenal deretan huruf-huruf. Anda bisa menstimulasinya dengan menaruh papan nama atau susunan huruf berwarna-warni di dalam rumah. Moms juga bisa melakukan kegiatan rutin seperti mengajaknya menyebutan huruf satu per satu dengan lantang.

 

Belajar Jenis Warna  

Dalam proses belajar mengenal warna untuk Si Kecil memang harus dilakukan sejak dini agar kemampuan perkembangan visual mereka dapat terasah secara bertahap. Nah, di sini peran keaktifan Moms sangat diperlukan.

Berbagai cara bisa dilakukan dalam pengenalan jenis warna. Misalnya ajak mereka bermain pensil warna, pastikan mencari yang aman untuk mereka ya. Setiap ia mewarnai kertas, sebutkan warna yang ia gunakan. Ketika selesai, Anda dan Si Kecil bisa berkeliling di rumah atau sekitar rumah untuk mencari objek dengan warna yang sama dengan cat air yang digunakannya.