Langkah Pencegahan Virus Corona Pada Si Kecil

Langkah Pencegahan Virus Corona Pada Si Kecil

Moms, pandemic virus Corona atau Covid-19 saat ini semakin menyebar dan kian mengkhawatirkan di Indonesia. Hal ini pun membuat pemerintah terus meminta agar para masyarakat untuk terus berada di rumah dengan menjaga jarak atau social distancing serta menjaga kesehatan tubuh dengan meningkatkan sistem imun.

 

Pasalnya, pandemik virus Covid-19 ini tidak dapaat menginfeksi siapa saja, termasuk orang dewasa hingga anak-anak. Lalu, bagaimana caranya mencegah virus ini tertular pada Si Kecil? Yuk simak langkah-langkahnya berikut ini!

 

  1. Rutin berikan Si Kecil ASI

ASI mengandung banyak nutrisi yang baik serta antibody yang dapat melindungi si kecil dari beragam penyakit dan infeksi yang dapat menyerang Si Kecil.

  1. Jangan Lupa untuk Selalu Ingatkan Si Kecil Mencuci Tangan

Mencuci tangan hingga bersih merupakan salah satu cara paling efektif untuk menghindari virus dan kuman. Namun, Si Kecil harus melakukannya dengan benar. Untuk itu, Moms perlu mendampingi mereka dan buat kegiatan mencuci tangan menjadi hal yang menyenangkan. Misalnya, mencuci tangan sambil bernyanyi atau gerakan-gerakan yang lucu.

  1. Ajari Cara Mencuci Tangan yang Tepat

Cuci tangan bukan hanya membasuh tangan dengan air bersih saja Moms. Kuman maupun virus akan hilang dan mati bila dibasuh menggunakan sabun minimal selama 20 detik. Untuk itu Moms perlu meminta Si Kecil melakukannya dengan benar.

  1. Hindari Tempat Keramaian Seperti Playground

Si Kecil memiliki sistem imun yang belum sempurna, inilah sebabnya Moms perlu menghindari Si kecl dari tempat keramaian.

  1. Ajari Si Kecil Etika Batuk

Bila Si Kecil ataupun orang disekitarnya batuk, biasakan untuk menutup mulut dan hidungnya menggunakan tisu atau lekukan pada siku. Jangan lupa saat menggunakan siku, buanglah segera tisu tersebut ke tempat sampah.

  1. Jangan Lupa Bersihkan Semua Mainannya

Virus bisa hidup di permukaan benda selama 24 jam. Oleh sebab itu, bersihkanlah barang-barang atau mainan yang sering Si Kecil gunakan.

  1. Perkuat Sistem Imun Si Kecil dengan Vitamin dan Asupan Nutrisi yang Cukup

Moms, penting sekali menjaga dan memperkuat sistem imun Si Kecil saat musim pandemik seperti saat ini. Berilah Si Kecil asupan makanan yang bisa memperkuat sistem imunnya. Misalnya, sayuran dan buah-buahan yang bisa meningkatkan sistem imun. Dan juga berikan ia vitamin yang diperlukan untuk menunjang daya tahan tubuh mereka.

 

Back to blog