Your Cart

Your shopping cart is currently empty

Shop Now

Manfaat Kegiatan Berkebun untuk Si Kecil

articles/WhatsApp_Image_2021-10-27_at_14.38.32.jpg

Yuk, ajak Si Kecil berkebun! Kegiatan tidak hanya menyenangkan bagi orang tua saja, anak-anak pun bisa menikmati kegiatan yang satu ini. Bahkan, belajar berkebun sejak dini mampu memberikan manfaat untuk perkembangan Si Kecil lho. Apa saja manfaat dari berkebun untuk Si Kecil? Yuk simak di bawah ini!

 

Mengembangkan Perkembangan Motorik  

Hampir sebagian aktivitas berkebun membutuhkan pergerakan fisik, seperti menggali tanah, menanam benih, hingga menyiram tanaman. Secara tidak langsung kegiatan ini akan meningkatkan kemampuan motorik Si Kecil.

  

Mengenalkan Konsep Tanggung Jawab

Aktivitas berkebun merupakan cara mudah bagi anak untuk belajar mengenai tanggung jawab. Oleh karena itu, berkebun akan menjadi latihan yang baik untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab Si Kecil. Bahkan Anda bisa memintanya untuk membuat jadwal merawat tanamannya.

 

Menghargai Makanan

Saat Si Kecil terlibat proses menanam hingga panen, Ia akan belajar menghari makanan yang ia peroleh. Ini membuatnya menghabiskan makanan yang dihidangkan untuknya.

 

Mengenalkan Konsep Baru

Banyak konsep baru yang dipelajari saat berkebun, seperti tanaman yang tumbuh dari atas dan bawah tanah, proses tanaman menyerap makanan dari air, pupuk dan sinar matahari, hingga lama waktu panen.

 

Meningkatkan Bonding

Mengajak Si Kecil berkebun dengan anggota keluarga lainnya dapat mempererat ikatan bonding. Ini karena dibutuhkan kerjasama, seperti saat menyiapkan lahan, menenam benih, memberikan pupuk serta menyiram tanaman.

 

Mengembangkan Kemampuan Emosional

Proses menanam mulai dari bibit hingga berbuah membutuhkan waktu yang lama, di Si Kecil belajar untuk bersabar. Ia pun akan menumbuhkan rasa empatinya untuk menjaga tanamannya agar tumbuh subur dan sehat.

Nah, selain mengajarkan Si Kecil berkebun dengan media tanah, Anda juga bisa lho mengenalkan konsep ini dengan perangkat mainan dari Learning Time di program The Storytelling Kits. Tak hanya itu, banyak tema-tema interaktif lainnya yang bisa Si Kecil eksplor di rumah yang tentunya sesuai dengan usia dan perkembangan mereka. 

Yuk cari tahu lebih lanjut di sini!