Mengasah Kreativitas Anak di Tengah Pandemi

 

Memiliki anak yang kreatif tentu menjadi harapan semua orang tua. Namun, selama masa pandemi, Si Kecil diharuskan untuk selalu berada di rumah. Padahal di usianya, seharusnya ia bebas bereksplorasi serta bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya untuk mengasah daya imajinasinya.  Bagaimana cara mengasah kreativitas Si Kecil selama pandemi? Ikuti beberapa tips berikut ini, Moms!  

Ajak DIY

Membuat prakarya atau DIY dapat merangsang daya kreativitas dan perkembangan Si Kecil. Selain itu, aktivitas ini dapat menjadi sarana bonding antara orang tua dan Si Kecil. Moms, bisa mendapatkan kebutuhan perlengkapan DIY bersama Si Kecil dari peralatan yang ada di sekitar rumah. Misalnya membuat boneka dari roll tissue bekas, atau membuat telepon kaleng dari kaleng bekas susu dan benang.

 

Biarkan Si Kecil Bebas Mengeskplorasi dan Bermain  

Anda termasuk orang tua yang over protektif? Terlalu berlebihan dalam menjaga Si Kecil juga tidak baik untuk perkembangan mereka lho mom. Biarlah Si Kecil kesempatan untuk mengeksplorasi diri dan sekitarnya sebagai proses belajar. Namun, Anda perlu mendampingi dan memberikan contoh yang baik bagi si kecil.

 

Dukung imajinasinya

Anda bisa melibatkan anak pada beragam aktivitas yang bisa mendukung imajinasinya. Misalnya, mendongeng sebelum tidur lengkap dengan perbedaan suara yang Anda lakukan, menggambar, mewarnai, dan bermain peran.

 

Sampaikan Hal-Hal yang Positif 

Bila anak selalu distimulasi dengan hal-hal positif tentu sangat baik untuk perkembangan mereka. Anda bisa menggunakan kata-kata yang halus dan sopan bila menegur Si Kecil ketika ia melakukan kesalahan. Hal ini akan terekam didalam ingatan mereka hingga ia tumbuh dewasa.

 

Olahraga yang Seru

Daya imajinasi anak juga didukung dengan faktor kesehatan Si Kecil. Moms bisa mengajak ia untuk melakukan kegiatan olahraga yang seru dan menyenangkan. Misalnya aja ia menari bersama dengan lagu yang ceria.

Dengan aktivitas seperti ini, Si Kecil bisa menggerakkan tubuhnya sesuka hatinya. Mendorong daya imajinasi serta mengeksplorasi tubuhnya melalui gerakan-gerakan yang bisa menyehatkan tubuh.

 

Puji Karya yang Ia Buat

Biasakan diri Anda untuk selalu memuji hasil kerja keras Si Kecil. Apresiasi tak harus dengan memberikan hadiah kok Moms, Anda bisa memberikan pelukan hangat dan ungkapan bangga ketika anak membuat prakarya kreatifnya. Dengan begitu Si Kecil merasa berharga dan lebih semangat lagi menuangkan ide-ide kreatifnya.