Your Cart

Your shopping cart is currently empty

Shop Now

Mengatasi Kecanduan Gadget pada Si Kecil

articles/custom_resized_e1d1bf75-4389-40aa-8c74-2950697da576.jpg

Tidak dipungkiri bahwa gadget menjadi salah satu teknologi yang bisa digunakan untuk menambah wawasan Si Kecil. Namun, tak hanya memiliki dampak positif saja untuk si kecil, terlalu sering bermain gadget juga bisa memberikan dampak buruk.

 

Kurangnya pengawasan orangtua atau orang dewasa bisa membuat Si Kecil Kecanduan dan berdampak buruk bagi tumbuh kembang mereka. Jangan khawatir, Mommy bisa membantu mereka mengatasi kecanduan gadget. Simak tips berikut ini!

 

  1. Pentingnya Membatasi Akses Penggunaan

Tetap awasi Si Kecil saat mereka mengakses fitur yang ada di gadget ya mom. Tidak semua aplikasi boleh di akses oleh mereka. Pastikan aplikasi yang tidak sesuai usia mereka dalam keadaan terkunci.

Jika mereka ingin bermain game, pilihlah jenis game yang aman dan edukatif. Batasi penggunaan screen time tidak lebih dari 2 jam sehari untuk anak berusia lebih dari 2 tahun.

 Tujuan pembatasan ini agar Si Kecil tidak semakin larut saat bermain gadget. Semakin Si Kecil menemukan hal baru, maka akan semakin asik dan membuat mereka penasaran dalam permainan gawai. Hal ini pun menjadi salah satu cara untuk mencegah efek buruk pornografi pada gadget.

 2.  Beri Mereka Contoh yang Baik

Saat Anda melarang Si Kecil bermain gadget, namun Mommy justru tetap sibuk dengan gadget ini akan menjadi hal yang sia-sial. Berilah mereka contoh, misalnya membuat waktu berkumpul keluarga tanpa gawai untuk seluruh anggota keluarga. Cara ini akan membuat anak lebih senang dan merasa diperlakukan adil.

  3.  Taruh Gadget di Tempat yang Tidak Mudah Dijangkau

Jangan menempatkan gadget, televisi, komputer dan perangkat hiburan lainnya di kamar anak. Langsung simpan di tempat yang tidak diketahuinya setelah digunakan.

 

 4.  Buat Aturan yang Harus Mereka Patuhi

Buatlah aturan bermain gadget untuk Si Kecil. Buat kesepakatan dengan mereka berapa lama boleh main gadget dan kapan waktunya. Perjanjian ini harus disiplin dikontrol dan ditegakkan orangtua agar-agar anak-anak ikut disiplin. Orangtua harus konsisten dengan aturannya.

 

5.  Berikan Permainan Alternatif yang Dapat Mengalihkan Si Kecil

Sebagai alternatif jika Si Kecil tak ingin anak terus menerus kecanduan gawai, carilah jenis permainan menarik yang edukatif dan membuat Si Kecil tertarik. Pilih jenis mainan yang juga bisa membuat anak fokus dengan mainan tersebut, membuat anak berkreasi membuat sesuatu sehingga ia tidak cepat bosan saat menggunakannya. Salah satu rekomendasi mainan edukasi yang dapat sekaligus menstimulasi Si Kecil yakni Learning Time.