Tips Membacakan Dongeng untuk Si Kecil

Rutinitas membacakan dongeng untuk Si Kecil ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk mereka. Pasalnya, aktivitas mendongeng merupakan salah satu cara yang menyenangkan untuk menstimulasi perkembangan mereka.

 

Tak hanya itu, membacakan dongeng untuk Si Kecil juga dapat membantu mempererat bondingantara orangtua dan anak sekaligus juga menanamkan nilai-nilai moral yang positif bagi pembentukan karakter mereka.

 

Nah, Moms & Dads masih bingung bagaimana cara membacakan dongeng untuk Si Kecil agar mereka tertarik? Berikut tips yang dapat dilakukan saat membacakan dongeng kepala Si Kecil!

 

  1. Buat gerakan-gerakan yang ekspresif seiring dengan jalan cerita yang sedang Moms & Dads bacakan.

 

  1. Gunakan mimik dan suara yang lucu seperti menirukan suara bintang, atau tokoh kartun saat sedang membacakan dongeng. Ini akan membuat Si Kecil tertarik dengan alur cerita dan merasa bergembira ketika mendengarkan cerita tersebut.

 

  1. Saat sedang membacakan dongeng, Moms & Dadsjuga bisa meminta Si Kecil untuk menyebutkan nama sesuatu pada gambar yang ditunjuk. Misalnya, “di mana ya kelinci berada?”.

 

  1. Ajak Si Kecil untuk mengikuti Anda saat ada kata berulang di dalam teks.

 

  1. Jika ia tertarik pada cerita dan menanyakan sesuatu, berberhentilah sejenak untuk menjawab pertanyaannya. Buku bisa membantu Si Kecil mengekspresikan pikiran dan membantu memecahkan masalahnya.

 

  1. Jangan lupa Mom & Dads menjelaskan kaitan antara gambar dengan jalannya cerita yang sedang dibaca.

 

  1. Jangan berhenti dan teruslah membacakan buku kepada Si Kecil meskipun mereka sudah dapat membaca sendiri. Ia bisa mendengarkan dan memahami cerita yang lebih sulit daripada yang dibacanya sendiri.