Tips Menumbuhkan Rasa Peduli Si Kecil

Kenalkan Macam Emosi 

Anak juga memiliki emosi yang sama seperti orang dewasa lainnya rasakan, hanya saja mereka belum memiliki kemampuan pengalaman untuk mengenai dan mengendendalikannya. Disinilah peran orang tua penting utnuk membantu mereka mengenali apa yang mereka rasakan. Tak hanya mengenali perasaannya saja, ia pun mampu mengenali perasaan orang lain.

 

Penting Mengajarkan Arti Perbedaan

Sangat penting mengajarkan arti makna dan arti perbedaan kepada Si Kecil sejak dini. Karena ia tumbuh serta berkembang dilingkungan yang memiliki keragaman. Mungkin sebagian orang tua akan bingung bagaimana menjelaskan kepada Si Kecil. Anda bisa mulai dari hal-hal kecil, seperti menjelaskan mengenalkan tentang keanekaragaman budaya di Indonesia.

 

Bermain Role Play

Bermain role play juga dapat membantu  menyampaikan pesan tentang  rasa empati pada anak-anak. Jika mereka bercerita atau menghadapi masalah dengan temannya misalnya, bimbing mereka untuk mencari tahu apa yang menjadi penyebab temannya melakukan hal yang tak disukainya.

 

Belajar Mengakui Kesalahan

Sering kali sebagai orang tua kita melakukan pembelaan terhadap anak meskipun ada kalanya mereka melakukan kesalahan kepada orang lain. Cobalah hindari kebiasaan ini ya Moms, karena hal tersebut membuat anak menjadi defensif dan merasa selalu benar. Ajarkan mereka untuk mengakui kesalahan yang diperbuat, ajari pula mereka untuk meminta maaf.