Tips Sederhana Menstimulasi Kecerdasan Si Kecil

Siapa yang tidak mendambakan Si Kecil tumbuh menjadi anak yang cerdas? Past berbagai macam cara akan Moms lakukan untuk menstimulasi kecerdasan Si Kecil. Nah, sebenarnya banyak beberapa cara sederhana yang bisa Moms lakukan agar membuat Si Kecil tumbuh dengan cerdas. Apa saja caranya? Yuk simak tips di bawah ini!

 

Bermain Mainan yang Merangsang Otak

Bermain tidak harus di luar ruangan, Moms bisa mengajak Si Kecil bermain permainan edukasi yang menyenangkan. Pilih permainan yang dapat melatih otak serta menstimulasi tumbuh kembang lainnya. Saat ini pun Moms dapat dengan mudah menemukan permainan maupun program edukasi online yang menyenangkan untuk Si Kecil.

 

Olahraga Bersama

Studi dari University of Illinois menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara olahraga dengan pencapaian akademik pada murid-murid Sekolah Dasar. Jika Si Kecil bergabung pada olahraga permainan kelompok, ia juga akan belajar kerja tim dan kepemimpinan. Kepercayaan dirinya pun akan meningkat setiap kali timnya mencetak skor.

 

Perkenalkan Si Kecil dengan Musik

Menurut studi di University of Toronto, pelajaran music dapat berguna untuk mengembangkan IQ dan performa akademik Si Kecil di sekolah. Bahkan di Amerika, 80 persen orang dewasa percaya bahwa musik dapat meningkatkan kualitas dan kecerdasan anak-anak.

 

Memberikan Nutrisi yang Tepat

Saat usia Si Kecil masih bayi, ASI merupakan asupan yang paling penting dan tepat untuk perkembangan otak mereka. Lalu bila ia sudah memasuki tahapan mengonsumsi makan padat, pastikan Anda selalu memberikan nutrisi terbaik yang dibutuhkan oleh mereka. Makanan yang mengandung Omega 3 & 6 sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh mereka.

 

Main Video Games

Beberapa permainan video memang sarat kekerasan dan kurang mendukung kemampuan sosialisasi Si Kecil. Namun, jika Anda memilih mainan yang merangsang pemikiran strategi dan perencanaan, ia juga bisa belajar. Penelitian di University of Rochester menemukan bahwa anak-anak yang bermain video games dapat mengenali dan belajar melalui visual lebih cepat daripada mereka yang tidak. Tetapi waspadalah, jangan sampai Si Kecil ketagihan. 

 

Rutin Berkomunikasi

 

Meskipun Si Kecil belum dapat berbicara dengan jelas, namun mereka tetap dapat mengerti dan merespon apa yang sedang Anda bicarakan. Nah, mengajak mereka berbicara dapat merangsangnya untuk merespon serta menanggapi apa yang Anda bicarakan. Kemampuan berbahasa dan bicara sejak kecil dapat membantunya mengembangkan kemampuan interpersonal, membaca, dan menulis di kemudian hari. Memulai berkomunikasi sejak dini sangat penting dan memiliki tujuan agar Si Kecil menjadi anak cerdas di kemudian hari.