Ini Dia Tips Meningkatkan Imunitas Si Kecil di Tengah Pandemi Covid-19

 

Hi LT Parents, imunitas atau daya tahan tubuh sangat penting untuk menjaga dan melindungi kita saat kuman maupun virus penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh kita. Namun, daya tahan tubuh Si Kecil belum terbentuk sempurna layaknya orang dewasa. Inilah uang membuat mereka mudah sekali terkena penyakit.

 

Nah, bagaimana cara meningkatkan imunitas Si Kecil terutama di masa pandemic virus Corona sepert sekarang.

 

ASI Eksklusif

 

Pemberian ASI eksklusif sangat penting untuk membangun sistem imun awal Si Kecil. WHO merekomendasikan pemberian ASI eksklusif selama enam bulan pertama. ASI merupakan sumber utama nutrisi bayi. ASI mengandung lemak, protein, gula, enzim, antibodi, dan sel-sel darah putih yang dibutuhkan oleh tubuh bayi untuk membangun sistem imunitas atau sistem kekebalan tubuh agar kuat melawan berbagai virus, penyakit, dan infeksi.

 

Berjemur

 

Sinar matahari pagi memiliki banyak manfaat untuk pertumbuhan Si Kecil. Kandungan vitamin D yang dimiliki oleh sinar matahari juga dapat membantu memperkuat sistem saraf dan juga imunitas Si Kecil agar tubuhnya tumbuh lebih kuat.

 

Jangan Lewatkan Vaksin atau Imunisasi

 

Vaksinasi adalah salah satu cara untuk mencegah beberapa penyakit berbahaya yang bisa menyerang Si Kecil. Jadi jangan lewatkan jadwal vaksinasi Si Kecil ya Moms!

 

Penuhi Asupan Nutrisi

 

Banyak sekali jenis sayur- sayuran dan buah – buahan yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh Si Kecil. Seperti wortel, kacang hijau, jeruk, stroberi yang merupakan makanan mengandung fitonutrien yang berfungsi untuk meningkatkan daya tubuh anak. Fitonutrien dapat meningkatkan produksi sel darah putih sehingga mampu melawan infeksi dan virus.

Pastikan Tidur yang Cukup

 

Biasakan Si Kecil memiliki jadwal tidur yang teratur. Kenapa? Karena studi menunjukan bahwa orang yang tidak memiliki jadwal tidur teratur lebih mudah terserang penyakit. Ini disebabkan karena sel alami yang mampu melawan virus jadi lebih lemah, sementara kita membutuhkan sel tersebut agar terhindar dari serangan mikroba dan sel kanker.