5 Akibat Negatif Memanjakan Si Kecil

 

Tahukah Moms, anak-anak yang terlalu dimanjakan sering kali tidak bisa belajar untuk memecahkan masalahnya sendiri dan bertanggung jawab. Padahal, memecahkan masalah dan rasa tanggung jawab adalah salah satu bentuk keterampilan hidup yang mereka perlukan nanti. Nah berikut 5 dampak negatif karena tertaku memanjakan Si Kecil. Yuk simak!

 

 Kurang Bertanggung Jawab

Ketika Si Kecil terbiasa dimanjakan, mereka menjadi memiliki kecenderungan untuk kurang bertanggung jawab. Ia akan kesulitan bagaimana cara menyelesaikan masalahnya sendiri. Tak hanya itu, kemungkinan ia memiliki sifat yang kurang dewasa sehingga ia sulit hidup mandiri.

 

Ketergantungan Dengan Orang Lain

Si Kecil yang manja menjadi terlalu bergantung dengan orang tua atau orang lain disekitarnya. Ia akan selalu menganggap bahwa orang lain akan selalu ada untuk membantu mereka dan menjadikan sebagai sumber kebahagian dan merasa tidak bisa melakukan sesuatu jika sendirian.

 

Kurang Rasa Hormat dan Membangkang

Sering menemuka Si Kecil merengek saat ia tidak mendapatkan sesuatu yang ia inginkan? Sikap tidak hormat dan pembangkangan adalah karakteristik anak manja, yang cenderung merengek, mengabaikan untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Sering kali anak-anak yang terlalu dimanjakan tidak bisa mengekspresikan diri dengan cara lain selain melalui perilaku negatifnya.

 

Sulit Menjadi Mandiri

Anak yang manja biasanya akan membuat ia kesulitan untuk menjadi pribadi yang mandiri, hal tersebut tak lepas dari aktivitas yang biasa dia lakukan selama ini, yang selalu mendapat kemudahan atau bantuan dari orang tuanya, alhasil karakter mandiri akan sulit ditumbuhkan pada pribadi anak.

 

Sulit Mengembangkan Potensi

Salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan Si Kecil, yaitu  bisa dilakukan dengan cara menempatkan anak pada posisi yang terdesak, misalnya saja dengan memberikan tantangan pada anak, mengajak anak melakukan petualangan, memberi tugas yang berat (namun tetap proporsional). Biasanya dari kegiatan ini, Si Kecil akan mengalami kesulitan melalui rintangan yang mereka hadapi.