7 Makanan Pendukung Kecerdasan Si Kecil

Hi Moms, siapa sih yang tidak mendambakan Si Kecil tumbuh dengan cerdas. Nah, berbagai cara bisa dilakukan untuk mengoptimalkan perkembangan otak Si Kecil serta mampu meningkatkan konsentrasi, memori serta kecerdasan mereka. Salah satu cara terbaik yang bisa Moms lakukan yakni memberikan mereka nutrisi tepat tepat yang dibutuhkan untuk Si Kecil.

 

Ini beberapa jenis makanan yang dapat mendukung optimalkan perkembangan otak Si Kecil. Simak berikut ini!

1. Bayam

Kaya asam folat. Anda tentu sudah tahu dengan khasiat asam folat. Asam folat sebagai antioksidan dapat melindungi otak bayi dari kerusakan. Disarankan ibu hamil memenuhi asupan asam folat sebanyak 400 mcg setiap hari. Sekitar 180 g bayam mengandung 262,8 mcg asam folat.

 

2. Kacang 

Sumber vitamin E. Kacang adalah cemilan yang tepat saat hamil. Selain itu kaya protein dan mengandung lemak tunggal tak jenuh dan folat. Kandungan vitamin E-nya memproteksi membran sel otak. Ibu hamil harus mencukupi kebutuham vitamin E sebanyak 3mg setiap hari yang bisa didapat dari selai kacang.

 

3. Oat

Makanan ini mengandung karbohidrat yang secara bertahap akan diserap oleh otak anak selama proses belajar di sekolah. Oat juga merupakan sumber yang baik untuk vitamin E, B, potasium dan zinc yang akan membantu tubuh dan otak bekerja optimal.

 

4. Ikan

Para ahli menyarankan untuk memilih ikan yang mengandung asam lemak yang bermanfaat seperti salmon. Ikan ini merupakan sumber terbaik asam lemak omega 3 yang penting untuk fungsi dan pertumbuhan otak anak. Beberapa studi juga membuktikan, mereka yang gemar menyantap ikan yang mengandung omega 3 memiliki pikiran yang tajam dan mencatat hasil yang baik dalam tes kemampuan mental.

 

5. Susu & Yoghurt

Produk susu termasuk di dalamnya yoghurt adalah makanan yang kaya protein, vitamin D dan vitamin B yang berperan penting dalam pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim. Sedangkan yoghurt merupakan makanan yang semi padat sehingga lebih mudah dicerna dalam proses metabolisme tubuh. Penelitian menunjukkan, anak-anak dan remaja memerlukan vitamin D 10 kali lebih banyak dari yang direkomendasikan. Vitamin D berguna untuk memelihara siklus hidup sel serta fungsi saraf dan otot.

 

6. Rumput Laut

Salah satu makanan yang sering dijumpai di Jepang ini dapat meningkatkan kekuatan otak Anda. Yodium yang terkandung di dalamnya, memainkan peran penting dalam kesehatan sistem saraf dan otak dan, seperti seng, mendukung fungsi kognitif.

 

7. Dark Chocolate

Anda suka cokelat? Ini kabar baik untuk Anda, karena dark cokelat memiliki efek antioksidan yang kuat, termasuk untuk otak. Anda bisa kenalkan jenis coklat ini pada Si Kecil. Pilih dark coklat yang kadar cocoa-nya sekitar 45-50% agar tidak terlalu pahit untuk Si Kecil.