Mengatasi Anak yang Susah Makan

Si Kecil sering kali mengalami susah makan? Hal ini cukup membuat semua orang tua pusing. Penyebab anak susah makan memang beragam beragam, bisa karena ia bosan, tidak lapar, trauma, atau sedang sakit.

Apa yang perlu orang tua lakukan untuk mengatasi Si Kecil yang susah makan? Yuk simak tips berikut ini!

 

Buat Aturan Makan

Orang tua harus melatih anak melakukan perilaku makan yang benar. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah cermat sesuai anjuran IDAI. Seperti secara teratur diberikan 3 kali sehari makanan utama dan 2 kali snack di ataranya, batasi waktu makan maksimal 30 menit per sesi, dan dukung anak untuk makan sendiri.

 

Konsultasikan dengan Ahli

Banyak penyebab Si Kecil malas makan, namun jika sudah menunjukkan gejala-gejala yang aneh seperti kelelahan, pencernaan bermasalah bahkan hingga berat badannya menurun drastic, segera berkonsultasikan ke dokter atau ahli gizi anak.

 

Jangan Beri Ia Sogokan

Sebaiknya, hindari memberikan permen atau makanan manis bila Si Kecil dapat menghabiskan makanannya dengan baik. Anda dapat memujinya karena Si Kecil makan hingga piringnya bersih.

 

Beri Porsi yang Cukup

Ingat, bahwa porsi makan Si Kecil berbeda dengan porsi makan orang dewasa. Anda cukup memberinya sedikit sesuai porsinya. Bila Si Kecil suka, maka Anda dapat menambahkannya.

 

Buat Suasana yang Menyenangkan

Jangan paksakan anak untuk menghabiskan makanannya. Ini dapat membuat dia kesal dan mengurangi nafsu makannya. Ciptakan suasana yang menyenangkan ketika menyuapi Si Kecil.