Cara Membangun Rasa Percaya Bayi Terhadap Anda

Cara Membangun Rasa Percaya Bayi Terhadap Anda

Tidak ada yang tahu persis kapan seorang bayi akan mampu mengerti dan memahami, karena ini adalah proses pembelajaran yang cukup lama. Tapi meskipun saat ini Si Kecil belum memahami Anda, Anda tetap harus membantunya dengan memberikan contoh kebiasaan yang baik lho!

Hal yang bisa Anda lakukan dengan berkomunikasi secara terbuka dengan penuh kejujuran. Ini akan menumbuhkan rasa percaya mereka dengan Anda. Beberapa cara sederhana yang bisa Moms lakukan

 

Beri tahu Si Kecil apa yang akan Anda Lakukan

Ini cukup penting lho Moms, terkadang Si Kecil merasa bingung apa yang Anda lakukan kepadanya sehingga membuat ia menangis misalnya saat menggantikan popok, atau membasuh badannya dengan air. Beri tahu Si Kecil apa yang akan Anda lakukan, sehingga mereka dapat mempersiapkan diri dan belajar percaya bahwa Anda akan selalu menyampaikan apa yang akan Moms lakukan.

 

Beri Tahu Ketika Anda Akan Pergi

Hmm, memang sih hal ini kadang tidak terlalu menyenangkan. Saat berusia antara 9 bulan sampai satu tahun, kebanyakan bayi akan menangis saat ditinggalkan di bawah asuhan baby sitter atau pengawasan day care. Bahkan, jika Moms, meninggalkan bayi bersama neneknya sekalipun, tetap saja ia akan rewel tak mau jauh dengan Anda!

Hal ini adalah bentuk rasa sayang dan takut kehilangan Si Kecil terhadap Moms. Tapi repot juga kalau Si Kecil tidak bisa jauh-jauh dari Anda. Untuk itu beri tahu Si Kecil tiap kali Anda akan pergi. Agar mereka lebih tenang, tahu Anda tidak pergi begitu saja tanpa pamit.

Beri Ia Penghargaan Atas Apa yang Ia Raih

Si Kecil tidak menangis saat Moms tinggal pergi, ia makan dengan baik, dan hal-hal baik yang ia lakukan perlu diberikan apresiasi. Memberikan apresiasi atas usaha si Kecil membuatnya merasa kerja kerasnya berharga. Secara tidak langsung, ini dapat meningkatkan semangat dan usaha mereka kedepannya. Inilah yang akan menumbuhkan rasa percaya dia terhadap Anda.

Tunjukkan Empati

Terkadang emosi anak berasal dari rasa tidak berdaya dan frustasi mereka. Meski Moms tidak memiliki perasaan yang sama tapi tanggapi apa yang mereka rasakan ya Moms! Ini menunjukkan bahwa Moms turut merasakan apa yang mereka rasakan.