Cara Mengatasi Si Kecil yang Sering Menolak dan Menangis Sebelum Tidur

Semakin beranjak usia si kecil ia akan semakin sering menolak bahkan hingga menangis ketika waktu tidurnya tiba. Tak jarang Moms pun kebingungan untuk menghadapi tingkah Si Kecil. Nah, untuk mengatasinya ternyata ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan agar tak perlu ada lagi drama-drama dari Si Kecil sebelum tidur. Yuk simak berikut ini!

 

Lakukan Negosiasi

Ajari Si Kecil bernegosiasi sejak dini, termasuk saat ia menolak untuk tidur. Misalnya ketika ia masih sibuk bermain mainannya padahal sudah memasuki jam tidurnya, Anda bisa katakana dengan memberinya waktu tambahan sekitar 5 atau 10 menit, setelah itu ia harus rapikan mainannya dan pergi untuk tidur.

 

Lakukan Kegiatan yang Menenangkan

Sebelum tidur, ajak Si Kecil melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat menenangkan dirinya. Misalnya mengganti pakaian tidur, melakukan pijatan lembut, hingga minum segelas susu hangat.

 

Putar Lagu Lembut Pengantar Tidur 

Sebelum tidur, Anda bisa memutar lagu-lagu pengantar tidur yang menenangkan. Hal ini bermanfaat untuk membuat Si Kecil merasa rileks.

 

Bersimpati dengan Perasaannya

Terkadang hari-hari Si Kecil tidak selalu berjalan sesuai dengan apa yang mereka ingin. Ia pun juga bisa merasakan sedih, marah ataupun kecewa. Buat mereka melepas rasa kegelisahan dan kesedihannya. Katakan pada Si Kecil bahwa ia akan baik-baik saja dan hari esok akan ada banyak kegiatan yang menyenangkan yang menantinya.