Cara Mengatasi Sifat Pemalu Si Kecil

 

Moms, melihat perkembangan Si Kecil setiap harinya memang sangat menakjubkan. Ini sebabnya yang membuat anda tidak ingin melewatkan setiap perkembangan istimewa Si Kecil, termasuk dalam keterampilan bersosialisasinya.

Namun, sayangnya tak sedikit dari mereka memiliki sifat yang pemalu, tidak mudah bergaul, serta lebih senang bermain sendiri dibandingkan bersama teman-temannya. Tapi Anda tak perlu cemas Moms, hal yang wajar bila Si Kecil mudah merasa malu, akan tetapi bila sifat pemalunya membuatnya mengalami kesulitan dalam bersosialisasi Moms perlu membantunya menumbuhkan rasa kepercayaan dirinya.

Nah, bagaimana cara untuk membantu Si Kecil mengatasi sifat pemalunya dan mengasah rasa percaya dirinya? Yuk simak di bawah ini!

Libatkan Si Kecil Dalam Berbagai Kegiatan

Melibatkan Si Kecil dengan mengikut sertakan ke berbagai kegiatan menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk mengatasi sifat pemalunya dan mengasah keterampilan bersosialisasi.

Kegiatan yang bisa Anda pilih bisa ditentukan sesuai dengan minat dan bakat mereka seperti kursus menari, sepak bola atau olahraga lainnya yang membutuhkan kekompakkan beregu. Hal ini karena kegiatan seperti ini membuat Si Kecil berinteraksi dengan teman-teman maupun orang di sekitarnya.

Buat Suasana Keluarga yang Terbuka

Jangan lupa untuk selalu membuat hubungan yang terbuka antar anggota keluarga termasuk antara orang tua dan anak. Keterbukaan antar anggota keluarga akan menumbuhkan rasa kepercayaan diri Si Kecil dan serta keberanian untuk bercerita atau mengungkapkan pendapat.

Ajak Si Kecil Playdate

Jika Moms memiliki teman yang mempunyai anak seusia Si Kecil tidak ada salahnya bila ngajak mereka untuk playdate atau bermain bersama. Baik itu di taman bermain,  Mall maupun taman rekreasi lainnya. Bermain adalah salah satu cara untuk mengakrabkan diri dengan anak lain dan sarana mereka untuk mengeluarkan ekspresinya.

Berikan Contoh Cara Bergaul yang Baik

Si Kecil belajar bergaul dengan melihat dan mengobservasi, maka jadilah contoh yang baik untuk mereka. Anda dapat berikan contoh kepada mereka bagaimana cara bertegur sapa dengan teman atau tetangga dan jangan ragu untuk memulai pembicaraan dengan orang baru.

Beri Semangat dan Pujian 

Terkadang, cara-cara di atas bisa saja tidak berjalan lancar. Jika itu terjadi pada Si Kecil, pastikan ia tetap semangat dan tidak putus asa dalam berteman. Moms juga perlu memberinya pujian atas segala usaha yang telah ia lakukan dengan baik dan benar