Cara Menurunkan Demam Pada Si Kecil

 

Demam merupakan gejala dari suatu penyakit yang dialami bayi dan balita. Demam juga dapat berarti tubuh Si Kecil sedang melawan penyakit tersebut. Ini bisa menjadi bukti bahwa sistem kekebalan tubuh Si Kecil bekerja dengan baik dan berjalan normal.

Meskipun Moms penuh rasa cemas saat Si Kecil demam, tapi tak perlu panik ya karena demam Si Kecil bisa dapat terasi bila Moms menanganinya dengan tepat. Apa saja yang Moms bisa lakukan untuk menurukan demam Si Kecil? Simak berikut ini!

 

  1. Kompres dengan Air Hangat

Mengompres Si Kecil dengan air hangat merupakan cara yang sering dilakukan untuk membantu menurunkan panas pada tubuhnya. Mengopres Si Kecil dengan air hangat akan memberikan efek evaporasi atau penguapan melalui pori-pori kulit Si Kecil. Jadi, panas yang ada di tubuhnya akan keluar karena diberi rangsangan hangat dari kompresan, sehingga suhunya pun menurun.

 

  1. Minum Air yang Banyak

Saat demam terjadi penguapan cairan sehingga Si Kecil rentan mengalami dehidrasi. Anda bisa memberikan jus, teh manis, maupun susu, sesuai usianya. Pemberian cairan juga harus memerhatikan gejala yang menyertai demam. Jika menunjukkan diare, maka susu tidak diperbolehkan. Selain itu, Si Kecil tidak harus langsung minum air yang banyak. Sebaliknya, Moms bisa berikan sedikit demi sedikit tapi sering. Cara ini dapat membantu tubuh untuk lebih cepat mengeluarkan panas yang ada dalam tubuh.

 

     3. Pakaikan Baju yang Nyaman

Untuk membantu panas tubuh Si Kecil cepat keluar, pakaian yang dikenakan Si Kecil harus nyaman, bergantung pada tipe demam. Jika demam kemerahan, maka pakaikan Si Kecil baju berbahan tipis yang mudah menyerap keringat. Tetapi apabila Si Kecil demam menggigil maka pakaikan Si Kecil selimut, sweater, dan kaus kaki, namun jangan yang terlalu tebal. Pakaian yang terlalu tebal justru bisa mencegah panas tubuh anak keluar, sehingga demam Si Kecil bisa lebih tinggi.

 

  1. Mandi dengan Air Hangat

Saat Si Kecil demam, jangan mandikan ia dengan menggunakan air dingin, karean air dingin akan membuatnya menjadi kedinginan dan menggigil. Sebaiknya gunakan air hangat yang akan membantu meredakan demam pada Si Kecil. Anda juga bisa tambahkan garam mandi atau essential oil untuk menenangkan tubuh mereka.

 

    5. Berikan Makanan yang Mudah Dicerna         

Saat demam, tubuh membutuhkan asupan nutrisi lebih banyak. Biasanya, ketika mengalami panas, nafsu makan anak akan berkurang. Karena itu, berikan ia makanan yang mudah dicerna untuk memudahkannya makan saat demam. Moms juga bisa menawarkan makanan yang disukainya. Namun, jangan paksa Si Kecil jika ia tidak ingin memakannya. Jika ia lapar, ia pasti akan makan.

 

     6. Jaga Suhu Ruangan Tetap Sejuk 

Ruangan harus dibuat sejuk dan senyaman mungkin. Hal ini perlu mengingat si kecil membutuhkan kenyamanan. Tidak ada pantangan penggunaan alat penyejuk ruangan seperti AC maupun kipas angin. Yang terpenting, sirkulasi udara jadi lancar dan Si Kecil bisa menghirup udara segar.

 

  1. Lakukan Skin to Skin

  Skin to skin dapat menstabilkan suhu tubuh Si Kecil lebih cepat, selain itu membuat si kecil nyaman karena merasa dapat perlindungan dari Moms.