Hati – Hati Penyebaran Virus, Saatnya Ajarkan Kebiasaan ini Kepada Si Kecil!

Sistem imunitas Si Kecil yang masih belum sempurna menjadikan mereka lebih berisiko rentan terkena berbagai macam penyakit yang berasal dari virus dan bakteri yang tersebar di sekitar Anda. Namun, jangan khawatir Moms, mengajarkan Si Kecil melakukan beberapa kebiasaan sehat membuat mereka dapat terhindar dari virus dan penyakit lainnya. Apa saja kebiasaan penting yang wajib diterapkan Si Kecil sejak dini? Yuk simak berikut ini!

 

  1. Biasakan Mencuci Tangan

 

Mencuci tangan adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah penyebaran kuman dan virus serta mengurangi resiko Si Kecil jatuh sakit. Untuk itu, ajari Si Kecil kebiasaan mencuci tangan sejak dini, baik setelah bermain ataupun sebelum makan.

 

Menurut Centers for Disease Control and Prevention di Amerika Serikat merekomendasikan agar mencuci tangan sebaiknya dilakukan selama 20 detik dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir.

 

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Hidup sehat harus didukung dengan pola makan yang sehat pula. Ajari sejak dini Si Kecil untuk mengonsumsi buah-buahan serta sayur-sayuran.  Asupan nutrisi yang kuat dapat memperkuat daya tahan tubuh si kecil. Untuk itu, Moms perlu memberikan asupan yang mengandung banyak vitamin, kalsium, zat besi dan asam folat.

 

Bila diperlukan, Si Kecil juga dapat diberikan suplemen vitamin untuk menjaga kesehatan anak agar tidak mudah sakit. Untuk disiplin dalam waktu makan anak, terapkan tiga kali waktu makan dengan porsi yang cukup bagi si kecil. Dan jangan lupa untuk mengonsumsi air putih yang cukup untuk menjaga metabolisme dalam tubuh.

 

  1. Istirahat yang Cukup dan Tidur Tepat Waktu

 

Untuk menjaga tubuh agar tetap sehat, maka penting sekali Si Kecil mendapatkan istirahat yang cukup. Nah, Moms bisa membuat jadwal tidur untuk mereka minimal 10 jam. Dengan memiliki pola tidur yang baik tentunya dapat menjaga kesehatan tubuh mereka lebih optimal.

 

  1. Ajak Si Kecil Berolahraga

 

Siapa bilang hanya orang dewasa yang membutuhkan olahraga, Si Kecil juga butuh lho! Menjaga kesehatan mereka agar terhidar dari virus dan berbagai penyakit dapat dilakukan dengan rutin berolahraga.

 

Untuk olahraga yang bisa dilakukan Si Kecil juga tak perlu yang berat Moms, ajaklah Si Kecil mengayuh sepedanya, berlari, berenang, atau berjalan-jalan pagi. Aktivitas ini akan lebih baik jika dilakukan setiap pagi hari. Namun, agar anak tidak kelelahan, berolahraga di akhir pekan juga sudah cukup.

  1. Pastikan Si Kecil Minum Cukup Air

 

Agar tubuh sehat dan imunitas baik tetap terjaga oleh tubuh Si Kecil, salah satu hal penting yang mesti dilakukan adalah menjaga tubuh terhidrasi. Air putih tentunya sederhana tapi ini merupakan satu-satunya cairan yang perlu dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Nah, salah satu mencegah tertular penyakit bisa dengan banyak minum air putih.