Cara Sederhana Membuat Si Kecil Tumbuh Mandiri

 

 

Melihat Si Kecil tumbuh mandiri, berani, penuh rasa percaya dri dan tidak bergantung dengan orangtua merupakan suatu kebangganan. Namun, sifat-sifat ini semua tidak semata-mata muncul begitu saja Moms, kita sebagai orang tua tentu berperan penting dalam membangun karakter anak.

 

Salah satunya dengan mendidik anak agar mandiri sehingga membuatnya merasa lebih percaya diri untuk melakukan segala sesuatunya sendiri.

 

 

Biarkan Dia Mengerjakan Sesuatu Sendiri

 

Eits, ini bukan berarti semua hal Si Kecil harus lakukan sendiri ya Moms, tapi Moms atau Dads bisa mengindentifikasi kegiatan Si Kecil mana yang perlu dibantu dan mana yang ia bisa lakukan sendiri. Seperti membereskan mainannya kedalam kotak mainan, makan, dan bermain. Biarkan mereka mengekplorasi dan menyelurkan apa yang ingin mereka lakukan. Dengan memberikan mereka kepercayaan, mereka akan tumbuh menjadi anak yang percaya diri dan bertanggung jawab.

Buat Peraturan

Si Kecil perlu belajar mengenai peraturan bagaimana mematuhi peraturan sejak kecil. Apa pun peraturannya, hal yang lebih penting adalah penegakannya. Misalnya, jika Moms meminta Si Kecil untuk selalu membereskan mainannya usai bermain, maka seterusnya harus konsisten. Jangan karena besoknya dia menolak, lalu dibolehkan. Dengan begitu, Si Kecil akan menghargai sebuat aturan dan mencoba untuk mematuhinya.

Berikan Ia Tugas

Untuk mendidik Si Kecil lebih bertanggung jawab, Moms bisa memulainya dengan memberikan mereka tugas-tugas yang ringan. Seperti membereskan tempat tidur, membuang bungkusan makanan yang ia makan ke tempat sampah, melepaskan dan memakai pakaian sendiri dan sebagainya.