Cara Sederhana Menerapkan Perilaku Positif Pada Anak

 

 

Mengucapkan maaf, terima kasih, permisi, serta salam adalah beberapa contoh perilaku dasar yang wajib ditanamkan pada Si Kecil sejak dini. Meskipun sederhana, namun tak sendikit orang yang mengabaikan perilaku dasar ini. Nah, bagaimana cara mengajari Si Kecil ya untuk menamkan perilaku positif pada mereka? Yuk simak!

 

Selalu Memberi Contoh

 

Saat Si Kecil turut membantu merapikan mainannya, atau membereskan tempat tidurnya, Moms bisa hargai kerja kerasnya dengan mengucapkan terima kasih. Menjadi model yang baik untuk Si Kecil cukup efektif untuk mengajari Si Kecil tentang pentingnya perilaku positif. Rasa saling menghargai pun akan tertanam di dalam dirinya.

 

Ajarkan Dengan Tulus

 

Mendidik Si Kecil tentu tidak mudah, tapi bukan berarti Anda mendidiknya dengan paksaan. Anda tidak perlu selalu mengucapkan terima kasih untuk setiap hal kecil yang anak Anda lakukan. Sebaliknya, utarakanlah rasa terima kasih Anda saat ia melakukan suatu hal yang bermakna. Ajari pula alasan mengapa ucapan terima kasih adalah hal yang penting.

 

Selalu Ingatkan

 

Si Kecil butuh waktu untuk mencerna dan memahami apa yang sedang mereka pelajari. Bahkan perhatiannya mudah sekali teralihkan, jadi wajar saja terkadang butuh proses. Itulah pentingnya orang tua untuk selalu mengingatkan. Jika Si Kecil lupa mengatakan maaf, maka ingatkanlah, jika Si Kecil lupa mengatakan terima kasih, maka ingatkanlah dengan baik.

 

Tegur dengan Cara Baik Jika Anak Salah

 

Menegur dan mengoreksi adalah bagian yang penting dalam mengajarkan perilaku positif. Pasalnya, cara Anda berbicara dan pilihan kata yang Anda gunakan berpengaruh besar terhadap respons anak dan perilakunya di kemudian hari.

Terpenting adalah jangan menegur Si Kecil dengan cara berteriak. Anda bisa deketi mereka dan berbicara dengan nada yang rendah dan lembut, jangan lupa untuk tatap matanya.