Your Cart

Your shopping cart is currently empty

Shop Now

Cara Sederhana Stimulasi Kemandirian Si Kecil

articles/WhatsApp_Image_2021-12-03_at_11.13.06.jpg
  1.  Beri dia tugas kecil

Libatkan Si Kecil untuk mengerjakan pekerjaan rumah yang sederhana atau aktivitas lainnya, seperti merapihkan mainannya, membuang sampah permen pada tempatnya, membuka baju sendiri atau merapihkan tempat tidurnya.

 

  1. Coba Untuk tidak Selalu Membantunya

Saat Si Kecil tumbuh semakin besar, ia akan tertarik untuk melakukan banyak hal seorang diri. Seperti mengambil sendok, mengikat tali sepatu dan hal-hal kecil lainnya. Hal ini sangat baik untuk melatihnya agar lebih mandiri.

 Cobalah untuk tidak selalu membantunya ya Moms, berikan ia kesempatan untuk mencobanya. Jika ia mengalami kesulitan, Anda bisa memberinya petunjuk terlebih dahulu.

 

  1. Ciptakan Rutinitas

 Buat rutinitas yang harus dilakukan Si Kecil setiap hari seperti, jadwal bangun tidur, mandi, makan siang dan seterusnya hingga waktunya tidur malam. Saat rutinas ini berhasil dijalankan setiap hari, ini akan membantu Si Kecil percaya diri dan mandiri.

 

  1. Jangan Memaksakan Kehendak

Ingat ya Moms, kemandirian Si Kecil didapatkan dari proses yang membutuhkan waktu. Pastikan Anda pun sabat dan menahan diri agar tidak memaksa mereka. Anda bisa bantu memberikan dukungan dan menyakinkan mereka bahwa ia bisa melakukannya.

 

  1. Berikan Pujian

Jangan ragu untuk memberikan pujian pada Si Kecil atas apa yang ia sudah kerjakan dengan usahanya sendiri. Dan pastikan untuk memberinya dukungan ketika ia merasa frustasi saat ia tidak dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik.