Your Cart

Your shopping cart is currently empty

Shop Now

Fakta-Fakta Mengenai Bayi Baru Lahir Yang Harus Anda Ketahui

articles/cute-little-newborn-baby-boy-with-mom.jpg

Siapa yang tidak takjub melihat makhluk mungil lahir setelah 9 bulan lamanya dikandung oleh seorang ibu. Sepertinya setiap hari pertumbuhannya menjadi hal yang paling dinanti dan juga mengangumkan.

 

Dan ternyata selama fase pertumbuhannya, banyak sekali fakta-fakta unik dan menarik mengenai bayi baru lahir yang harus Anda ketahui. Apa saja? Yuk simak!

 

  1. Bayi Dapat Mendengar Sejak Dalam Kandungan

Kemampuan mendengar bayi sudah terbentuk sejak ia masih berada di dalam perut ibu, yaitu sekitar usia 23-27 minggu di dalam kandungan. maka ibu sudah bisa mulai memperkenalkan suara kepadanya sejak masih dalam kandungan. 

 

  1. Ukuran Lambung Bayi Baru Lahir Sebesar Biji Kelereng

Ukuran lambung bayi baru lahir yang hanya sebesar kelereng membuat bayi hanya mampu menampung cairan sebesar 60 hingga 90 ml saja. Seiring bertambahnya waktu, ukuran lambung ini akan bertambah.

 

  1. Otak Bayi Mengalami Perkembangan Dengan Sangat Pesat

Menurut hasil studi, bahwa sel saraf di dalam otak bayi akan meningkat seriring dengan kemampuan baruyang mereka pelajari.

 

  1. Cara Bayi Berkomunikasi Tidak Hanya Dengan Menangis

Bayi berkomunikasi dengan mengekspresikan dirinya dalam berbagai cara. Mulai tersenyum atau tertawa saat ia merasa senang atau menikmati sesuatu, hingga ia bisa menangis atau menggeliat untuk menunjukkan ketidaknyaman.

 

  1. Tulang Bayi Lebih Banyak Dari Manusia Dewasa

Manusia dewasa memiliki 206 tulang, sementara bayi lahir dengan sekitar 305 ruas tulang. Nantinya seiring pertumbuhannya, tulang-tulang pada bayi akan menyatu hingga jumlahnya menjadi 206 tulang seperti yang dimiliki orang dewasa.

 

  1. Penglihatan Bayi Baru Lahir Belum Sempurna

Bayi baru lahir tidak dapat melihat sesuatu yang jauh. Bayi bisa melihat objek dengan dengan jarak 20-40 cm (kurang lebih satu jengkal orang dewasa). Pada usia ini, bayi lebih senang melihat warna yang kontras, atau warna-warna dengan memiliki perbedaan yang mencolok.

 

  1. Bayi Baru Lahir Tidur Sebanyak 16-17 Jam Sehari

Bayi baru lahir umumnya membutuhkan waktu tidur sekitar 16,5 jam sehari. Jam tidurnya bisa dibagi menjadi 8 jam tidur siang dan 8,5 jam tidur malam