Hati-Hati Si Kecil Bisa Meniru Kebiasaan Buruk Orangtua

 

  1. Bermain Gadget

Tanpa kita sadari intensitas menggunakan gadget selama di rumah cukup sering membuat Si Kecil meniru kita lho! Ini karena, Si Kecil akan menganggap bahwa memegang gadget adalah sebuah rutinitas yang harus dijalani. Ketika kebiasaan ini sudah ditiru mereka, mereka akan kesulitan mengontrol dan menjadi candu.

Jadi sebaiknya, usahakan untuk tetap fokus saat bersama Si Kecil. Terutama saat anak mengajak bicara, pastikan Moms tidak mengabaikan dengan sibuk menatap ponsel. Anda bisa melakukan aktivitas yang tidak menggunakan ponsel atau gadget lainnya, seperi petak umpat, bersepedah atau bermain learning material dari Learning Time.

 

  1. Sulit Mengucapkan Terima Kasih dan Maaf

Konflik atau pertengkaran di dalam rumah memang tidak dipungkiri bisa terjadi kapan saja. Terkadang dibeberapa kondisi, orangtua atau orang dewasa enggan saling mengucapkan maaf ataupun terima kasih. Kebiasaan seperti ini bisa dilihat Si Kecil dan ia dapat menirunya. 

Untuk itu, biasakan diri mengatakan maaf jika berbuat salah dan terima kasih  kepada orang lain. Dengan begitu, kebiasaan seperti ini akan ditularkan ke Si kecil.

 

  1. Menghukum Anak Secara Fisik

Terkadang Si Kecil banyak melakukan hal-hal unik dan sulit Anda bayangkan sebelumnya. Jadi wajar saja bila Anda merasa stress dan emosi. Namun, terkadang Anda bisa saja lepas kendali dan memberikan hukuman mereka secara fisik. 

Bila hal ini terjadi terus menerus, Si Kecil bisa tumbuh menjadi sosok anak yang egois dan keras kepala, suka menyakiti orang lain dan bahkan sering membangkang.

Untuk itu usahakan tidak mendidik si Kecil dengan kekerasan termasuk mencubit sekalipun.

Berusahalah tetap menggunakan kata-kata yang lebih mengayomi agar si Kecil pun paham kalau dirinya salah dan perilakunya harus diperbaiki.

 

  1. Berbicara atau Berprilaku Kasar

Kebiasaan kasar yang dilihat anak dari orang tua, seperti berkata kasar, suka memukul, sering berteriak pada anggota keluarga lain, ternyata sangat mudah ditiru oleh anak. Kebiasaan tersebut mudah menular pada anak karena sejak kecil ia hidup dengan lingkungan tersebut.

 

  1. Kompetitif dan Egois

Membanding-bandingkan si Kecil dengan saudaranya atau teman sebayanya. Lalu berkomentar sesuatu yang membuat anak merasa kecil dan tidak memiliki kemampuan. Moms tak perlu menyamakan si Kecil dengan orang lain. Setiap anak punya bakat dan kemampuan yang unik. Bukan membuat anak jadi lebih percaya diri, hal ini justru membuat anak kehilangan rasa bangga dengan dirinya sendiri. Anak juga lebih sering berpikir negatif.