Ide Aktivitas Seru Saat Staycation Bersama Si Kecil

Hi Moms & Dads! Musim liburan sebentar lagi akan datang nih. Tapi sayangnya, Anda belum memiliki rencana untuk mengisi waktu libuan bersama keluarga? Tak perlu khawatir, banyak aktivitas seru dan menyenangkan yang bisa dilakukan bersama Si Kecil tanpa harus bepergian jauh ke luar kota maupun luar negeri. Yups, staycation dapat menjadi pilihan yang tepat.

 Nah, Berikut kami rangkum ide-ide aktivitas seru saat staycation bersama Si Kecil!

  

Ajak Si Kecil Bersepeda

Ajak seluruh anggota keluarga terutama Si Kecil naik sepeda, baik bersepeda di sekitar kediaman atau mengunjungi taman kota / public area. Selain merupakan kegiatan yang menyenangkan bila dilakukan bersama, bersepeda merupakan salah satu olahraga yang baik.

 

Menonton Film Favorit Keluarga

Menonton film favorit bersama keluarga menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan yang sayang bila Anda lewatkan. Jangan lupa untuk buatkan popcorn dan cemilan yang menggugah selera, tempat yang nyaman seperti tumpukan bantal dan selimut, dan juga daftar film favorit keluarga Anda. Tanyakan juga ya pada Si Kecil, film apa yang ingin mereka tonton.

 

Hiking!

Aktivitas lainnya  yang menyenangkan saat staycation adalah hiking. Saat hiking bersama Si Kecil, tak perlu di medan-medan yang berat dan rumit kok, Anda bisa mengajak Si Kecil mengeksplor hutan-hutan kecil atau area terbuka yang masih alami lainnya di sekitar kediaman Anda. Serunya, di kegiatan ini Anda bisa sekaligus mengenalkan keragaman makhluk hidup seperti hewan dan tanaman kepada Si Kecil.

 

Jangan lupa untuk kenakan Si Kecil sepatu yang nyaman dan tentunya semprotan anti serangga ya!

 

Mengunjungi Museum

Staycation bisa menjadi momen Anda menambah pengetahuan baru untuk Si Kecil! Yups, salah satunya adalah mengajaknya mengunjungi museum. Apalagi saat ini banyak museum yang telah dikemas semenarik mungkin. Jadi, tidak hanya menyajikan tentang sejarah saja, namun juga beragam aktivitas yang interaktif.

 

Berkemah di Halaman Rumah

Berkemah tidak harus dilakukan jauh dari rumah. Padahal hal itu bisa dilakukan di halaman rumah Anda sendiri! Siapkan tenda dan cemilan-cemilan kesukaan Si Kecil dan jangan lupa untuk juga alas tidur serta tumpukan bantal-bantalnya ya Mom. Dijamin, mengajaknya berkemah di bawah taburan bintang-bintang di langit akan menjadi memori yang indah untuk Si Kecil.

 

Memasak Bersama

Aktivitas seru staycation lainnya yang tak kalah menyenangkan adalah memasak bersama. Kegiatan ini akan melatih keahlian Anda dalam memasak dan menghasilkan makanan yang enak untuk keluarga. Pilihlah menu masakan yang belum pernah Anda coba sebelumnya, dan juga jangan lupa ajak anak Anda ikut membantu memasak karena kegiatan ini bisa memperat hubungan dan juga bisa melatih kecerdasan otaknya. 

 

Pergi Ke Perpustakaan atau Toko Buku 

Mengajak Si Kecil untuk menghabiskan waktu di perpustakaan atau toko buku menjadi ide yang menarik. Membolak-balikan buku, membaca buku cerita bersama atau hanya menikmati lingkungan sekitar.

 

Membuat DIY

Asah kreativitas Si Kecil dengan mengajaknya membuat kerajinan tangan atau DIY. Anda dapat menggunakan barang-barang di rumah yang tak lagi dipakai. Seperti membuat lampu tidur dari botol plastik bekas, atau membuat mainan sensorik dari kancing-kancing baju yang tak lagi terpakai.

  

BBQ Party

Tak ada salahnya mengadakan barbeque party dengan menggundang anggota keluarga lainnya ke rumah. Anda juga dapat membuat berbagai permainan seru untuk Si Kecil dan yang lainnya seperti bermain petak umpet, berlari-lari dan lompat tali. Tentunya kegiatan yang dilakukan bersama membuatnya terasa istimewa.

 

Piknik

Siapkan beberapa kudapan seperti sandwiches, cookies, dan yogurt dan beberapa buah kesukaan Si Kecil dan ajak mereka untuk pergi piknik di taman-taman kota. Aktivitas ini dijamin membuat mereka senang, apalagi di ruang terbuka mereka dapat bebas berlari-lari, meniup gelembung udara, serta bermain bola. Sementara Anda dapat melepas penat sembari menikmati udara yang sejuk.