Manfaat Mainan Kayu untuk Si Kecil

Menurut Mayra Mendez, PhD, LMFT, seorang psikoterapis berlisensi dan koordinator program di Providence Saint John’s Child and Family Development Center di Santa Monica, California mengatakan bahwa bermain itu penting karena memberikan landasan utama untuk belajar, mengeksplorasi, memecahkan masalah, dan membangun pemahaman tentang dunia Si Kecil.


Itu sebabnya bermain menjadi sarana belajar Si Kecil yang paling menyenangkan. Nah, penting bai parents untuk mendukung Si Kecil salah satunya dengan memberikan mainan kayu!

Meskipun kebanyakan tampilan mainan kayu terlihat sederhana dan tidak rumit, ternyata mainan kayu memiliki banyak manfaat lho Moms untuk membantu perkembangan Si Kecil! Apa saja? Yuk simak!

 

Melatih Daya Fokus

Menurut penelitian, mainan yang memiliki eleman alami seperti kayu dapat membantu anak-anak berkonsentrasi, fokus dan membuat mereka lebih tenanag daripada jenis mainan lainnya.

 

Merangsang Kreativitas

Sebagian mainan dirancang dengan fitur sesuai fungsinya. Sebagian lagi bersifat open ended play, alias dapat dimainkan dengan berbagai cara sesuai kreativitas anak.

 

Memberikan Ketenangan

Mainan kayu tidak menimbulkan bunyi yang kencang seperti mainan plastik lainnya, ini membuat si kecil lebih fokus dan juga memberikan ketenangan saat mereka bermain.

 

Lebih Tahan Lama

Mainan dari plastik relatif lebih cepat rusak ketimbang mainan kayu. Mainan plastik rentan retak, pecah bahkan hancur bila sering dimainkan anak. Akan tetapi, mainan kayu lebih awet. Selain bahan kayu yang lebih kuat dan tidak mudah pecah, jika ada kerusakan lebih mudah direparasi. Entah itu direkatkan lagi dengan lem atau disatukan kembali dengan paku.

Dengan sifatnya yang tahan lama, mainan kayu bahkan masih dapat digunakan dari generasi ke generasi.

 

Ramah Lingkungan

Mainan kayu merupakan pilihan cerdas yang ramah lingkungan. Bahan yang digunakan minim bahan kimia yang relatif lebih aman untuk anak-anak dan juga bumi kita.