Manfaat Pelukan Untuk Pertumbuhan Si Kecil

 Memeluk Si Kecil menjadi salah satu aktivitas yang tidak bisa Anda lewatkan dan selalu Anda nantikan setiap saat ya Mom. Ya, selain dapat memberikan rasa nyaman untuk diri Anda dan Si Kecil, ternyata banyak sekali lho manfaat berpelukan untuk tumbuh kembang serta kecerdasaan mereka.

Apa saja sih manfaatnya? Yuk simak uraian berikut ini!

  1. Mengurangi Rasa Cemas

Berpelukan dapat melepaskan hormon oksitosin yang dapat membuat Si Kecil merasa tenang, nyaman dan mengurangi rasa cemas. Hal ini tak hanya dirasakan oleh Si Kecil tapi juga dirasakan oleh Moms.

  1. Membuat Si Kecil Lebih Pintar

Tahukah Anda ternyata berpelukan dengan Si Kecil dapat menstimulasi kecerdasan mereka. Sebuah studi menemukan bahwa hanya sentuhan seperti pelukan yang lembut yang bisa memberikan stimulasi positif yang dibutuhkan otak untuk tumbuh dengan sehat.

  1. Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Hormon oksitosin yang dilepas oleh tubuh dapat memperkuat system kekebalan pada anak dan menurunkan kadar hormone teroid dalam plasma yang menyebabkan luka sembuh lebuh cepat. Inilah sebabnya mengapa berpelukan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Melatih Kesehatan Emosi dan Menghentikan Tantrum

Pelukan juga bagus untuk kesehatan emosi Si Kecil. Bahkan bila Si Kecil tantrum pun, hal yang dapat membuatnya tenang yakni dengan pelukan dari Moms. Ini karena ketika Si Kecil mengalami tantrum, mereka tidak mampu mengontril emosi dan dirinya. Ini sebabnya hal yang mereka butuhkan salah satunya adalah sebuah pelukan. 

  1. Menjalin Ikatan Antara Ibu dan Anak

Sering memeluk Si Kecil juga bisa mempererat ikatan emosional antara Anda dan Si Kecil. Bahkan, banyak dokter yang menganjurkan ibu dan untuk segera memeluk atau melakukan kontak skin-to-skin dengan bayinya yang baru lahir.