Mengajarkan Disiplin Pada Si Kecil Tanpa Marah

Melihat tingkah laku Si Kecil yang unik membuat Anda kagum, namun tak jarang juga membuat Anda sedikit emosi. Hal ini karena Si Kecil belum sepenuhnya memahami sikap baik dan sikap buruk. Yang perlu Moms lakukan adalah mengajarkan ia untuk bersikap baik dan disiplin. Eits, tapi apakah mudah mengajarkan disipilin pada Si Kecil? Yuk simak tips berikut ini! 

  1. Buatlah Aturan – Aturan Sederhana

Latih kedisiplinan Si Kecil dengan hal-hal sederhana seperti membuat aturan waktu tidur, waktu bangun tidur, aturan saat makan, saat mandi dan rutinitas sehari-hari lainnya.

  1. Alihkan Perhatian

Jika Si Kecil melakukan sesuatu yang buruk, misalnya menaiki meja, melempar-lempar batu dan hal-hal yang berbahaya, Moms tak perlu meninggikan suara untuk memarahinya ataupun menggunakan kekerasan fisik. Moms bisa mengalihkan perhatiannya. Misalnya, ajak ia menggambar atau melukis saat ia akan menaiki meja, atau menyiram tanaman saat ia sedang melempar-lempar batu. Gunakan juga Bahasa yang lembut untuksehingga ia bisa teralihkan perhatiannya.

  1. Berikan Contoh

Ingat, Si Kecil merupakan peniru terbaik. Jika Moms menginginkan untuk dia bersikap baik, maka Anda pun harus menjadi contoh yang baik pula.

  1. Jangan Lupa Beri Ia Pujian

Siapa yang tidak suka pujian, Si Kecil pun menyukainya. Maka, beri ia pujian jika Si Kecil melakukan tindakan yang benar ataupun telah mematuhi aturan yang Moms buat. Dengan adanya pujian, anak akan mengetahui bahwa tindakannya itu benar.

  1. Konsisten

Yang paling penting Moms perlukan saat mendidik Si Kecil yakni konsisten. Mulai dari tetap memenuhi jadwal yang sama setiap hari, hingga aturan-aturan yang berlaku di rumah. Bila ada perubahan jadwal atau waktu beraktivitas, Moms bisa memberitahu mereka sebelumnya.