Menstimulasi Si Kecil Agar Gemar Membaca

 

Tahukah Anda Mom, menurut berbagai macam penelitian menyebutkan Si Kecil yang terbiasa atau sering membaca sejak dini sebelum mereka memasuki sekolah, ia akan memiliki rasa tanggung jawab serta menunjukkan performa yang lebih unggul saat ia nanti memasuki sekolah.

 

Melalui membaca, tak hanya dapat menambah wawasan mereka namun juga meningkatkan imajinasi Si Kecil.  Untuk itu menjadi hal yang sangat berarti bila Si Kecil gemar membaca. Nah, bagaimana cara menstimulasi Si Kecil agar gemar membaca? Yuk simak tips di bawah ini!

 

  1. Pastikan Tersedianya Buku yang Mudah di Jangkau Oleh Mereka

 

Tidak hanya tersedia di kamar atau ruang bermain Si Kecil, Anda bisa menempatkan buku-buku untuk Si Kecil di mana pun yang mudah mereka jangkau, seperti di ruang makan, ruang televisi, bahkan di kamar mandi. Hal ini dapat memicu ketertarikan Si Kecil terhadap buku.

 

  1. Buat Ritual Membaca Buku Bersama

 

Percayalah Mom, salah satu langkah awal untuk membuat Si Kecil gemar membaca yakni dengan mulailah membaca bersama mereka. Buatlah ritual rutin membaca buku, misalnya sebelum mereka tidur. Dan jangan lupa libatkan mereka untuk memilih buku apa saja yang ingin mereka bacakan.

 

  1. Jadikan Anda Sebagai Contoh yang Baik

 

Di masa pertumbuhannya, Si Kecil melihat dan meniru kebiasaan maupun prilaku orang-orang yang ada di sekitarnya, terutama Anda. Maka, Anda dapat memberikan contoh pada mereka bahwa Anda gemar membaca. Buatlah sesi membaca setidaknya satu ataupun dua jam sehari. Dengan kebiasaan seperti ini, Si Kecil akan menganggap membaca adalah kegiatan yang penting untuk dilakukan.  

 

  1. Ajak Mereka Ke Perpustakaan atau Toko Buku

 

Kenalkan Si Kecil dengan berbagai macam buku bacaan, sehingga mereka dapat memilih buku apa yang mereka sukai. Jadikan pergi ke perpustakaan maupun toko buku sebagai agenda di akhir pekan bisa menjadi salah satu ide yang menarik!

 

  1. Biarkan Memilih Buku yang Ingin Mereka Baca

 

Baik di rumah, toko buku atau perpustakaan, coba untuk membiarkan mereka memilih sendiri buku yang ingin dibaca. Dengan metode seperti ini, Si Kecil akan merasa lebih kepemilikan atas buku tersebut dan memiliki kemungkinan lebih besar bahwa mereka akan membaca buku itu berulang kali. Namun, Mom tetap harus pantau dan perhatikan buku yang mereka pilih ya agar kontennya sesuai dengan usia mereka.

  1. Pilih Buku Bacaan yang Interaktif

 

Salah satu faktor Si Kecil tidak tertarik dengan membaca adalah buku yang ditawarkan tidak sesuai dengan perkembangannya. Memilih buku bacaan yang interaktif dan menyenangkan dapat menjadi langkah yang baik untuk memulai mereka menggemari aktivitas membaca.