Tips Menstimulasi Kecerdasan Si Kecil

Siapa yang tidak mendambakan Si Kecil yang pintar dan aktif? Tentu semua orangtua menginginkannya Si Kecil tumbuh dengan cerdas.

Nah, untuk menstimulasi kecerdasan mereka ternyata tidak hanya dengan mengonsumsi makanan yang bergizi saja lho, melainkan juga dapat di stimulasi dengan berbagai cara. 

Yuk simak tips menstimulasi kecerdasan Kecil! 

  1. Menjadi Contoh yang Baik

Si Kecil adalah peniru yang baik, ia akan cenderung mengikuti apa saja yang mereka lihat termasuk prilaku dan kebiasaan orang tuanya. Nah, jika Anda menginginkan Si Kecil yang tumbuh menjadi anak yang pintar jadi penting sekali sebagai orang tua memberikan contoh yang baik untuk mereka.

Anda bisa melakukan kegiatan yang dapat menstimulasi kecerdasannya seperti membaca, melakukan kegiatan kreatif, serta berolahraga, otomatis hal tersebut dapat memicu keinginan mereka untuk turut ikut melakukannya. 

 

  1. Pastikan Si Kecil Cukup Berolahraga

Dalam menstimulasi kecerdasan Si Kecil, tak hanya bisa dilakukan dengan aktivitas bermain sambil belajar saja. Pada kenyataanya, banyak jenis olahraga yang dapat membantu menstimulasi perkembangan otak anak sehingga ingatan dan kemampuan berpikir mereka menjadi lebih baik. Misalnya menari, lempar bola, dan aktivitas outdoor.

 

  1. Si Kecil Harus Mendapatkan Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup tidak hanya menjadi hal yang penting untuk kesehatan Si Kecil, melainkan juga untuk perkembangan otak mereka. Menurut penelitian yang dilakukan oleh beberapa ilmuwan Inggris menyimpulkan bahwa anak-anak yang terbiasa dengan jam tidur teratur, memiliki kemampuan kognitif yang lebih tinggi dibandingkan anak-anak yang tidur tak teratur.

Sehingga dapat disimpulkan keteraturan jam tidur Si Kecil dapat mempengaruhi perkembangan mereka secara keseluruhan termasuk perkembangan otaknya.

 

  1. Perhatikan Asupan Gizinya

Makanan yang sehat dan memiliki gizi yang seimbang sangatlah penting untuk kesehatan, pertumbuhan, serta perkembangan otak anak. Jadi pastikan agar Anda selalu memperhatikan asupan gizinya dari makanan yang mereka konsumsi.

 

  1. Fokus pada Kegiatan dan Waktu Bersama Si Kecil

Fokus menghabiskan waktu bersama Si Kecil bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk menstimulasi kecerdasan mereka. Bahkan acara TV yang mendidik pun tidak dapat mengalahkan keterlibatan Anda dalam suatu kegiatan bersama mereka.

Saat bermain bersama Si Kecil, berikan kebebasan untuk mereka memilih mainan apa yang ingin mereka mainkan. Hal ini dipercaya dapat mempengaruhi dengan kecerdasan yang mereka miliki.

 

  1. Ajak Mereka Mengenal Dunia Lebih Banyak

Tidak ada salahnya mengenalkan dunia lebih banyak selain apa yang ada di lingkungan sekitar terhadap anak Anda sejak dini. Seperti nama-nama tempat yang ada di berbagai belahan dunia, ragam budaya, hingga sejarah-sejarah penting dunia.

Meskipun terkesan ‘berat’ namun Anda dapat melakukannya dengan cara yang menyenangkan. Seperti mengajak Si Kecil ke museum, atau bahkan pergi ke acara pergelaran seni.