Olahraga yang Tepat Untuk Bayi

 

Olahraga tidak hanya diperlukan untuk orang dewasa saja lho Moms, bayi juga perlu lakukan olahraga untuk menstimulasi perkembangannya serta memperkuat otot-otot tubuhnya. Namun, apa saja sih jenis olahraga atau kegiatan fisik yang bisa dilakukan untuk Si Kecil? Yuk simak di bawah ini!

 

  1. Sit Up 

Si Kecil juga bisa melakukan gerakan sit up lho, Moms! Anda bisa membantunya. Caranya, dengan menarik Si Kecil dari posisi tiduran ke posisi duduk. Olahraga ini dapat membantu memperkuat otot bahu, lengan dan punggung Si Kecil.

Lakukan sit up ini ketika bayi telah menginjak usia 6 minggu. Apabila ternyata ia belum bisa menopang kepalanya sendiri maka letakkan tangan Anda di belakang kepalanya untuk membantunya duduk.

 

  1. Bicycling atau Kayuh Kaki

 Selanjutnya Moms latih kekuatan kaki-kakinya yang mungil. Anda bisa lakukan gerakan seperti mengayuh sepeda. Angkat perlahan kedua kaki Si Kecil lalu gerakkan secara berlawanan. Ketika kaki kiri ke atas maka kaki kanan ke bawah.

Bila melakukan latihan ini secara rutin, akan menguatkan otot kaki, pinggul, lutut dan perut bayi. Baringkan bayi, lalu gerakkan kakinya seolah-olah mengayuh sepeda. Jangan lupa mengajak bayi berkomunikasi dengan bernyanyi, tersenyum

 

  1. Angkat Beban

 Untuk melatih otot tangan dan lengan Si Kecil, Moms bisa gunakan mainan yang dapat ia genggam. Bisa juga memilih mainan yang menghasilkan bunyi saat digerakkan, agar lebih menarik perhatiannya.

Latihan sederhana mengangkat benda ternyata dapat melatih kemampuan bayi menggenggam benda, melatih koordinasi mata dan tangan, dan menguatkan otot bahu, lengan dan tangannya. Begitu bayi sudah bisa menggenggam benda (biasanya di usia 3 dan 4 bulan), segera stimulasi kemampuannya dengan meletakkan benda-benda ringan di sekitarnya, untuk diangkat dan dipindahkan.

 

  1. Tummy Time

Kegiatan fisik lainnya yang bisa Anda lakukan dengan Si Kecil yaitu tummy time. Tummy time adalah posisi bayi tengkurap dan bertumpu pada perutnya. Posisi ini bermanfaat untuk menstimulasi otot di bagian leher, lengan, bahu, punggung dan perut bayi. Tapi, pastikan Anda melakukannya dengan berhati-hati dan dalam pengawasan. Cukup lakukan 3 sampai 5 menit saja ya Moms!

 

(Image by Freepik)