Penuhi 5 Nutrisi Penting Ini untuk Kesehatan Tulang dan Gigi Si Kecil

Penuhi 5 Nutrisi Penting Ini untuk Kesehatan Tulang dan Gigi Si Kecil

Orangtua mana yang tidak mendambakan anaknya tumbuh dengan optimal, termasuk perkembangan tulang dan gigi. Untuk itu, perlu juga bagi kita memperhatikan asupan yang perlu dikonsumsi mereka untuk mendukung pertumbuhannya. Berikut 5 nutrisi penting untuk kesehatan tulang dan gigi Si Kecil!

 

  1. Karbohidrat
    Karbohidrat yang baik adalah yang mengandung banyak serat seperti buah-buahan dan sayuran. Manfaatnya adalah membersihkan gigi dari plak dan karies. Di sisi lain, ada pula karbohidrat yang malah merusak gigi dan membentuk karies, seperti tepung-tepungan dan gula atau makanan manis.

 

  1. Kalsium
    Kalsium merupakan bahan utama pembentukan dentin dan email gigi. Sumber kalsium bisa didapat dari ikan, susu, kacang-kacangan, sayuran, dan keju.

 

  1. Magnesium
    Magnesium bermanfaat untuk mencegah kerusakan gigi dengan menahan kalsium di email gigi. Makanan yang tinggi kalsium di antaranya bayam, whole wheat bread, nasi merah, dan kacang tanah.

 

  1. Vitamin D
    Vitamin D bermanfaat untuk menyerap kalsium untuk membangun tulang dan gigi yang kuat. Nah, jika anak kekurangan vitamin D maka selain tulang dan giginya lebih mudah bermasalah, ia juga rentan terkena rakhitis dan tidak memiliki tinggi badan maksimal.

  2. Fosfor
    Selain kalsium, anak juga membutuhkan fosfor untuk mendukung pertumbuhan tulang dan giginya. Fosfor akan membuat asam basa di dalam tubuh seimbang sehingga proses pembentukan tulang dan gigi memiliki kadar kekuatan yang normal

 

Back to blog