Perkembangan Bayi Di Usia 2 Bulan yang Perlu Diketahui

Tak terasa sudah 2 bulan sejak mendengar tangisan pertamanya saat hadir di dunia. Kini melihatnya, tentu Anda tak henti-hentinya mengucap rasa syukur, terutama melihat perkembangannya yang semakin pesat. Pasalnya perkembangan Si Kecil saat usia 2 bulan memang sangat signifikan bila dibandingkan saat mereka di usia 1 bulan.

Nah, penting sekali untuk Moms mengetahui perkembangan apa saja yang dilalui Si Kecil yang berusia 2 bulan, hal ini karena akan lebih mudah bagi Moms untuk memberi stimulasi yang tepat guna mendukung tumbuh kembangnya. Jadi, apa saja yang perlu Moms ketahui seputar perkembangan bayi 2 bulan. Yuk simak di bawah ini!

 

Perkembangan Kognitif

  1. Mengenal dan Memperhatikan Wajah

Pada saat bayi baru terlahir di dunia, mereka belum dapat melihat lingkungan sekitarnya dengan sempurna. Namun, diusianya 2 bulan Si Kecil dapat mulai fokus melihat hal-hal yang ada di sekitarnya. Ia akan mulai belajar mengenal serta senang memperhatikan wajah orang-orang terdekatnya, terutama Anda Moms.

  1. Dapat Menemukan Sumber Suara

Koordinasi fungsi pendengaran dan otak bayi semakin lebih baik membuat mereka dapat merespon lebih cepat. Inilah yang membuat mereka akan berusaha menemukan sumber suara yang ada di sekitarnya.

  1. Memiliki Suara Tangis yang Berbeda-beda

Tahukah Moms, ketika Si Kecil menangis karena lapar akan terdengar berbeda dengan ketika mereka merasa tidak nyaman karena popok yang kotor. Ini karena perkembangan daya pikiran mereka yang mendorong vokalisasi yang berbeda menyampaikan perasaan yang berbeda yang sedang mereka rasakan.

  1. Merespon Obrolan

Tentu Moms akan gemas bila Si Kecil mengoceh dengan Bahasa khas bayi. Hal ini sebagai bentuk upaya mereka untuk dapat berkomunikasi dengan Anda, lho. Jadi Moms tetap tanggapi obrolan mereka dengan antusias ya!

 

Perkembangan Fisik

  1. Kepala Tetap Tegap dan Lurus

Saat dipegang dalam posisi duduk, kepala si kecil tidak agi jatuh kebelakang. Ini karena otot leher pada bayi berusia 2 bulan sudah lebih kuat sehingga mereka dapat menjaga keseimbangan kepalanya agar tetap tegap dan lurus pada posisi duduk saat digendong.

  1. Tubuhnya Semakin Besar dan Montok

Semakin hari perkembangan fisik Si Kecil semakin bertambah. Ia tidak lagi semungil seperti pertama kali ia lahir. Lambat laun tubuhnya semakin montok dan berisi, terutama di bagian paha, lengan atas, dan pipi. Hal ini membuat siapa saja yang melihat akan menjadi gemas. 

  1. Melepas Genggaman

Bayi lahir dengan refleks menggenggam. Namun ia belum tahu caranya melepaskan genggamannya. Misalnya saat ia menarik rambut Anda, ia tidak tahu cara melepasnya. Nah, pada usia 2 bulan ini, refleks menggenggamnya sudah mulai hilang, dan Si Kecil sudah mulai mengerti cara melepaskan genggamannya.

  1. Menendang

Sistem motorik bayi mampu berkoordinasi lebih baik pada usia 2 bulan ini. Misalnya saja ia jadi lebih sering menendang ketika sedang berbaring. Menendang juga menjadi stimulasi yang tepat untuk menguatkan kakinya.

 

Perkembangan Sosial dan Emosi

  1. Tersenyum Pada Orang di Sekitarnya

Moms, sadarkah bahwa saat si usiany memasuki 2 bulan, Si Kecil mulai banyak tersenyum? Hal ini karena tersenyum merupakan tonggak social yang paling penting pada bayi dan dimulai dari usia mereka 2 bulan. Mereka akan sering merespon siapapun yang ada disekitarnya dengan senyuman, terutama senyum dari Anda.

  1. Pura-Pura Merasa Bosan

Si Kecil akan mulai rewel saat ia merasa bosan. Jadi jangan heran ya Moms bila melihat dia menangis meskipun ia tidak lapar ataupun tidak nyaman karena popoknya yang basah. Yang ia butuhkan adalah perhatian dari Anda, karena itu ajak ia bermain atau bercanda.

(Image by Freepik.com)