Rekomendasi Olahraga untuk Si Kecil yang Baru Lahir

 

 

Meskipun Si Kecil baru lahir ke dunia dan kesehariannya hanya akan berada di tempat tidir, namun ternyata ia tetap butuh sedikit olahraga lho untuk melenturkan otot-otot badannya. Hal ini sangat baik untuk membantu memperkuat otot-otot yang dubutuhkan saat ia mulai tengkurap, mengangkat leher, merangkak hingga berjalan.

 

Bukan seperti layaknya olahraga seperti orang dewasa, tentunya, olahraga untuk bayi dilakukan dengan bantuan orangtua dan dilakukan dengan memperhatikan keamanan bayi.

 

Untuk itu, apa saja olahraga yang bisa Anda lakukan untuk Si Kecil yang baru lahir? Nah, berikut gerakan olahraga ringan untuk bayi baru lahir.

 

  1. Gerakan Sepeda

 

Letakkan bayi dalam posisi telenyang di tempat tidurnya. Angkat kedua kaki ke atas hingga membentuk 90 derajat. Kemudian Gerakan secara bergantian kedua kaki berlawanan arah layaknya sedang mengayuh sepeda.

 

 

  1. Tummy Time

Olahraga Tummy Time sangat baik untuk menguatkan perkembangan otot perut, bahu, punggung dan leher Si Kecil. Olahraga ini bisa dilakukan untuk Si Kecil yang berusia 0 hingga 6 bulan. Moms bisa menempatkan Si Kecil dengan telungkup selama 3-5 menit

 

  1. Angkat Beban

Mengangkat beban pada Si Kecil bukan berarti layaknya orang dewasa yah. Moms, cukup berikan ia mianan untuk mendorong Si Kecil mengambil dan menggenggam barang atau mainan tersebut. Hal ini baik untuk mengkoordinasikan tangan dan matanya.

 

  1. Finger Towing

 

Moms bisa tarus Si Kecil di tempat tidur, lalu biarkan ia menggenggam jari telunjuk Moms. Saat Si Kecil menggenggam telunjuk Anda, angkat tangan bayi ke atas dan angkat bayi secara perlahan, kemudian kembalikan bayi ke posisi semula secara perlahan. Semakin erat bayi menggenggam telunjuk Anda, semakin baik. Perlu di perhatikan ya Moms saat mengangkat bayi, sesuaikan dengan kemampuannya. Bayi Anda mungkin sudah bisa melakukan gerakan ini di usianya sekitar 6 minggu