Self-love! Penuhi "Cangkir Emosi" Ibu dengan 10 Kegiatan Positif ini!

Self-love! Penuhi "Cangkir Emosi" Ibu dengan 10 Kegiatan Positif ini!

Apa itu self-love untuk seorang ibu? Menyayangi diri sendiri bagi seorang ibu adalah melihat diri sendiri sebagai prioritas. Anak-anak memiliki kebutuhan, suami memiliki kebutuhan, begitu pula dengan ibu! 

Mengapa self-love untuk ibu sangat penting? Self-love bagi seorang ibu dapat memenuhi “cangkir emosi” di dalam dirinya.

Saat “cangkir emosi” penuh, Mommy menjadi lebih bahagia, tidak mudah marah, dan tidak mudah tersinggung. Simple dan sederhana. Namun, di luar itu, Mommy akan menemukan bahwa diri Mommy akan jauh lebih bahagia dan dapat menangani banyak stres keibuan dengan lebih baik.

Mari penuhi “cangkir emosi” Mommy dengan melakukan kegiatan menyayangi diri sendiri berikut ini:

1. Membuat rencana

Pastikan Mommy membuat jadwal untuk perawatan diri di hari libur meskipun hanya satu jam, seperti berjalan-jalan, menonton film, atau menghabiskan waktu bersama teman-teman.

2. Jadikan tidur sebagai prioritas

Memang tidur malam yang nyenyak itu penting, tetapi bisa jadi sangat sulit ketika kita memikirkan banyak hal. Pastikan Mommy selalu pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari untuk membantu mengatur ritme alami tubuh Mommy. Sesekali, Mommy juga perlu mencoba untuk tidur siang. 

3. Berolahraga

Olahraga adalah cara yang tepat untuk melepaskan ketegangan dan stres, juga baik untuk kesehatan mental. Meskipun disarankan untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari, tapi ini sulit dilakukan oleh para Mommy. Ciptakan kesempatan untuk kembali berolahraga setiap pagi hari sebelum memulai hari yang sibuk.

4. Cek kesehatan secara rutin

Cek kesehatan tahunan adalah cara yang tepat untuk menilai status kesehatan Mommy saat ini sebagai seorang ibu dan mengidentifikasi masalah kesehatan yang mungkin terjadi pada tubuh Mommy. Kapan terakhir kali Mommy melakukan pemeriksaan fisik? Jika sudah lama, buatlah pengingat untuk membuat janji bertemu dokter sesegera mungkin untuk mendiskusikan masalah kesehatan yang mungkin Mommy miliki.

5. Batasi screen time

Kita setuju bahwa perangkat teknologi, seperti handphone dan televisi, memang menyenangkan tapi dapat membuat kita terbuai dan lupa waktu. Coba hindari semua perangkat elektronik dan saluran media sosial selama beberapa jam dan nikmati waktu berkualitas bersama orang yang Mommy cintai. 

6. Berjalan-jalan 

Keluar dan nikmati udara segar. Berjalan-jalan di alam adalah cara yang bagus untuk menghilangkan stres dan mulai terhubung dengan dunia di sekitar. Cobalah jelajahi jalan setapak di sekitar rumah, siapa tahu Mommy bisa menemukan tempat favorit baru untuk beristirahat dan bersantai.

7. Pijat atau spa

Mommy, ayo sesekali bersantai sambil perawatan diri dengan pijat atau spa. Ini mampu meredakan lelah dan stres berlebih. Jika tidak memungkinkan, ada banyak cara untuk melakukan pijat dan maskeran dari rumah. Pastikan Mommy menyisihkan waktu untuk benar-benar bersantai dan menikmatinya. Jadikan kegiatan ini sebagai hadiah untuk diri sendiri setelah melalui minggu yang melelahkan.

8. Membangun komunikasi dengan para ibu lain

Harinya ibu juga bisa menjadi waktu yang tepat untuk terhubung dengan ibu-ibu lain, tanpa anak-anak. Menghabiskan waktu dengan ibu lain dapat membantu Mommy merasa didukung dan dihargai, dan ini adalah cara yang bagus untuk berbagi cerita, saran, dan tawa. Jika Mommy tidak memiliki teman dekat yang juga seorang ibu, cobalah untuk bergabung dengan grup ibu atau forum online untuk terhubung dengan ibu lain.

9. Bertemu dengan teman

Jika memungkinkan, cobalah untuk menjauh dari rumah dan mengobrol dengan seorang teman. Menghabiskan waktu bersama keluarga memang menyenangkan, tetapi terkadang menyenangkan juga untuk mengobrol tanpa gangguan dengan teman tanpa harus khawatir dengan kegiatan di rumah. Cobalah bertemu dengan teman untuk sarapan, makan siang, atau bahkan makan malam di kafe atau restoran pilihan bersama.

10. Mandi dan berendam

Wah, mandi bisa jadi sangat menyenangkan untuk bersantai, menghilangkan stres, dan menghilangkan beberapa kekhawatiran Mommy. Ini adalah kesempatan yang tepat untuk memanjakan diri dengan berendam yang lama. Tambahkan beberapa aromaterapi yang menenangkan atau beberapa tetes minyak lavender ke bak mandi untuk membantu Mommy lebih rileks. Cobalah untuk mandi sebelum tidur untuk membantu Mommy mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

Mommy, meski kita sangat menyayangi anak, suami, dan keluarga, namun ingatlah bahwa menyayangi diri sendiri lebih penting. Ketika kita menyayangi diri sendiri maka apapun yang akan kita hadapi menjadi lebih ringan untuk dijalani, seberat apapun itu jika dipikirkan.

Back to blog