Tips Membantu Si Kecil Berusia 2 Tahun Belajar Bicara

Kebanyakan dari Anda tentu merasa khawatir bila Si Kecil belum dapat berbicara dengan lancar berbicara. Padahal pada umumnya diusia 2 tahun, Si Kecil telah dapat meniru beberapa ucapan dari orang tua maupun orang-orang terdekatnya atau setidaknya dapat mengucapkan kata yang bisa dimengerti orang lain.

Bila Si Kecil belum mampu merangkai kata atau ucapannya masih belum jelas. Jangan panik ya Mom, karena kebutuhan dan perkembangan tiap anak berbeda-beda. Meskipun Si Kecil mengalami keterlambatan bicara, Anda tetap bisa membantu menstimulasi mereka lho agar dapat berbicara dengan lancar!  

Yuk simak tips membantu Si Kecil yang berusia 2 tahun untuk belajar bicara!

 

Ajari Mereka Kata Demi Kata Setiap Hari 

Mungkin hal ini tentu sudah sering Anda lakukan, namun dianggap kurang efektif? Jangan putus asa dulu ya Mom. Ulangi terus menerus mengenalkan kata demi kata kepada Si Kecil. Perkenalkan setiap benda yang Anda lihat atau yang ada di sekitar Anda kepada Si Kecil.

Lalu minta mereka kuntuk mengulangi kata demi kata tersebut sesuai dengan kemampuan mereka. Atau Anda juga bisa menggunaan flash card dengan ragam tema dan warna.

 

Bacakan Buku Cerita / Storytelling

Tahukah Anda, bahwa ternyata membacakan buku atau storytelling kepada Si Kecil cukup efektif membantu mereka lancar berbicara. Anda dapat menggunakan buku cerita yang interaktif agar mereka dapat turut terlibat di dalam cerita.

Gunakan boneka atau mainan lainnya sebagai sarana bercerita juga bisa menjadi cara yang tepat, karena dapat menarik minat dan perhatian Si Kecil. Jangan lupa untuk menggunakan kosa kata yang mudah dimengerti mereka ya Mom.

 

Buat Mereka Mengatakan Apa yang Mereka Inginkan

Saat mereka membutuhkan atau meminta sesuatu, jangan langsung memberi apa yang mereka inginkan. Cobalah sesekali membuat mereka mengatakan apa yang mereka inginkan. Jika mereka menunjuk sesuatu, katakan pada mereka kata-kata yang perlu dikomunikasikan.

 

Ajak Mereka Bernyanyi Bersama

Melalui nyanyian, Si Kecil dapat menambah kosa kata baru lho untuk diingat. Jadi jangan ragu untuk mengajak Si Kecil bernyanyi lagu anak-anak.

Anda bisa menyanyikan mereka lagu secara rutin, misalnya saat mereka menjelang tidur, dalam gendongan, mandi, bahkan saat sedang jalan-jalan. Nantinya Si Kecil akan terbiasa mendengarkan lagu-lagu tersebut dan mulai menirukannya.

 

Respon Tiap Ocehan Si Kecil 

Jika Si Kecil sudah mulai mengeluarkan ocehan-ocehannya, jangan ragu untuk menanggapinya. Anda bisa menanyakan maksud ucapannya sambil menunjukkan wajah yang bersemangat.

Apabila Si Kecil memberikan respon kembali dengan mengucapkan kalimat yang tidak jelas atau hanya menunjuk barang yang diinginkan, Anda bisa mengulangi perkataan tersebut dengan benar.

  

Jadilah Role Model yang Tepat

Sebagai orang tua dan orang yang paling dekat dengan Si Kecil, Anda adalah role model bagi perkembangan mereka, termasuk dalam perkembangan berbicaranya.

Oleh karena itum hati-hati saat berbicara di depan mereka. Bicaralah dengan Si Kecil dengan kalimat yang jelas, nada yang rendah penuh dengan cinta dan tutur kata yang baik dan sopan.  

 

Ajak Si Kecil untuk Bersosialisasi

Mengajak Si Kecil bersosialisasi bertemu dengan teman sebayanya maupun orang-orang di sekitar lingkungan Anda. Hal ini dapat membuat mereka terbiasa bertemu dan berinteraksi dengan orang lain.