Tips Membuat Si Kecil Tidur Nyenyak di Malam Hari

 

Meskipun Si Kecil memiliki jam tidur yang cukup, namun seringkali mereka terlihat mengantuk dan lesu saat pagi hari. Bisa jadi ia tidak memiliki tidur yang berkualitas di malam harinya Moms.

Padahal, tidur nyenyak di malam hari bagi Si Kecil merupakan hal yang penting lho karena sangat mempengaruhi tumbuh kembangnya. Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa Moms lakukan agar Si Kecil memiliki tidur yang berkualitas. Yuk simak ulasannya!

 

  1. Padamkan Lampu Kamar

Meskipun bayi belum mengerti bahwa ia perlu menutup matanya ketika akan tidur. Ia pun sulit terlelap jika mendapatkan banyak stimulasi, termasuk melalui cahaya. Ruangan yang gelap dapat menenangkan Si Kecil dan membuatnya mengantuk serta tidur nyenyak.

 

  1. Membuat Jadwal Tidur

Mulailah membuat jadwal tidur Si Kecil sejak dini, lalu terapkan secara konsisten. Biasanya untuk Bayi yang baru berusia sekitar 6-12 minggu diketahui memiliki waktu tidur malam hari yang lebih banyak, durasinya 8-10 jam. Lalu untuk , bayi yang berusia sekitar 8 minggu tidur selama 6 jam di malam hari tanpa harus diberi ASI.

 

  1. Pastikan Tubuh Bayi Tetap Kering

Si Kecil akan merasa tidak nyaman bila ia tidur dalam kondisi badan lembap, mungkin berasal dari popoknya yang bocor, atau pakaiannya yang terkena keringat. Jadi sebelum Si Kecil tidur, sebaiknya Moms memastikan kondisi tubuh dan area tidurnya kering. Pilihlah pakaian yang nyaman dan dapat menyerap keringat lebih cepat, serta gunakan popok yang antibocor dan daya serap yang tinggi sehingga ia tidak perlu terbangun akibat popok yang penuh.

 

  1. Pasang Suara yang Menenangkan

Lagu pengantar tidur terbukti membuat bayi tidur lebih tenang dan nyenyak. Sebuah penelitian pada 37 bayi sakit yang dirawat di Great Ormond Street Hospital, Inggris menunjukan bahwa bayi yang mendengar musik saat tidur, terlelap lebih nyenyak dan tingkat kesakitan mereka menurun. Sedangkan kelompok  bayi yang dibiarkan tidur di ruangan sepi, tidak mengalami perubahan kesehatan.

 

  1. Perhatikan Tingkah-Laku

Ubah kebiasaan Moms mendekati Si Kecil saat ia terbangung di malam hari. Setidaknya tunggu 5 menit dan amati gerak-geriknya. Apabila ia mengerang atau bergumam, tandanya ia terbangun dan sedang berusaha tidur kembali. Berikan dirinya waktu untuk tidur sendiri tanpa bantuan Anda. Namun jika Si Kecil terus bertingkah seperti itu, barulah Anda harus membantunya tidur kembali. Tidur siang yang rutin juga akan memudahkannya saat tidur di malam hari.