Tips Mendidik Si Kecil Usia 2 Tahun

Moms, Si Kecil sudah memasuki usia 2 tahun saat ini? Tandanya ia telah mengalami perkembangan yang pesat baik dari perkembangan fisik, kognitif, bahasa, sensorik, motorik hingga emosionalnya.

 

Di usia ini pula otak anak berkembang aktif. Ia akan menyerap semua informasi dan berbagai hal baru yang dialami. Karena itu, Moms harus bisa mendidik Si Kecil dengan cara yang tepat.

 

Nah, agar Moms bisa memberikan pendidikan yang tepat saat Si Kecil memasuki usia 2 tahun, tips berikut ini bisa membantu Anda, Moms.

  1. Selalu Tunjukkan Kasih Sayang

Kasih sayang yang tulus adalah salah satu hal penting yang mereka butuhkan untuk membantu tumbuh kembangnya. Tidak hanya memberikan ciuman ataupun pelukan dipagi hari, tapi pastikan juga Anda melakukan kontak mata, perhatikan perasaannya, serta memperbayak menghabiskan waktu bersama anak.

  1. Pancing dan Asah Kreativitas

Orangtua merupakan guru pertama yang mengajarkan banyak hal pada Si Kecil, termasuk kreativitas mereka. Apalagi diusia 2 thanu, ia sudah mulai belajar untuk mandiri. Karena mereka senang berbagai hal yang baru dan pancing kreativitasnya saat bermain dengannya.

  1. Bersikap Tegas dan Konsisten

Anda ingin menerapkan disiplin pada Si Kecil? Tandanya Anda harus konsisten dalam mengenalkan aturan. Anak usia 2 tahun bisa bingung jika sebuah aturan berubah-ubah, misalnya hari Anda melarang, tapi karena Si Kecil menangis, Anda lalu mengizinkannya.

  1. Ajarkan Prilaku Baik, Etika dan Sopan Santun

Di usia ini juga Si Kecil sudah bisa Anda ajarkan berbagai macam etika dan sopan santun yang perlu ia ketahui. Cara sederhananya seperti perkataan “Terima kasih”, “Tolong”, “Maaf”, serta menghormati bukan hanya kepada orang tuanya, tetapi juga orang lain yang lebih tua serta teman-temannya.

 

  1. Ajarkan Si Kecil Utarakan Pendapatnya

Saat ia belajar mandiri, ia sudah mulai memiliki keinginan sendiri. Moms bisa ajarkan ia untuk mengutarakan yang mereka inginkan.