Tips Mengasah Kemampuan Konsentrasi Si Kecil

Kemampuan konsentrasi memang harus diasah sejak dini karena hal ini sangat penting. Saking pentingnya konsentrasi, tidak sedikit orang beranggapan kalau kesuksesan seseorang bisa dilihat dari kemampuannya berkonsentrasi.

Menurut dr. Laurie McNelles, ahli perkembangan anak dari ahli perkembangan anak dari York University, Kanada, konsentrasi adalah cara anak fokus dalam melakukan sesuatu, sehingga itu mampu dikerjakan dalam waktu tertentu.

Namun, jangan samakan kemampuan konsentrasi anak dengan orang dewasa ya Moms! Anak-anak tidak bisa dipaksa berkonsentrasi jika dirinya sudah merasa tidak nyaman. Jadi tugas orang tua adalah membantu Si Kecil meningkatkan konsentrasi. Mulai dari asupan gizi yang tepat hingga stimulasi mereka dengan permainan-permainan yang menyenangkan.

 

Kegiatan Menggambar

Selain menyenangkan, menggambar ternyata memiliki banyak manfaat untuk Si Kecil salah satunya adalah mengasah konsenstrasi, mengenal warna dan detail objek yang sedang mereka gambar. Menggambar juga dapat melatih otot motorik Si Kecil saat memegang pensil warna.

 

Puzzle

Puzzle dapat secara signifikan melatih konsentrasi anak. Cobalah menjadikan membuat puzzle sebagai aktivitas rutin, sehingga anak menjadi terbiasa untuk berpikir dan fokus.

 

Mencocok Warna dan Bentuk

Permainan mencocokkan warna dan bentuk sangat membantu melatih konsentrasi Si Kecil. Anda bisa minta Si Kecil mencocokkan benda-benda yang memiliki kesamaan bentuk, warna maupun tekstur. Ulangi kegiatan ini.

 

Menceritakan Kembali

Ajak Si Kecil menceritakan kembali kegiatan yang ia lakukan, film yang ia tonton atau buku yang dia sedang baca. Cara ini selain melatih berkonsentrasi, juga bisa mengajarkan si Kecil untuk mendapatkan kosa kata baru pengganti kata yang dipakai di buku atau film yang dia tonton.