Your Cart

Your shopping cart is currently empty

Shop Now

Tips Meningkatkan Imunitas Si Kecil

articles/custom_resized_9f1703e1-f0e1-488d-935d-9ff1246afbca.jpg

 

Dimusim pandemi seperti saat ini, tentu menjaga kekebalan tubuh Si Kecil menjadi salah satu fokus utama Moms & Dads. Ditambah system kekebalan tubuh Si Kecil yang belum sempurna membuat Si Kecil mudah terserang penyakit.

Moms sebenarnya Si Kecil punya cara sendiri yang mampu meningkatkan system kekebalan tubuhnya. Nah, berikut beberapa cara sederhana yang bisa Moms lakukan untuk membanty meningkatkan system kekebalan Si Kecil, yuk simak!

 

Imunisasi/Vaksin

Imunisasi atau vaksin penting untuk Si Kecil agar mereka mendapatkan kekebalan tubuh buatan. Hal ini berguna untuk melemahkan virus ataupun kuman pembawa penyakit yang kemudian akan membentuk antibodi.

Sebelum usia 18 bulan, Si Kecil memiliki beberapa vaksinasi.

 

Berjemur

Biasakan mengajak Si Kecil berjemur dipagi hari. Sinar matahari pagi yang mengandung vitamin D diperlukan oleh tubuh Si Kecil untuk kesehatan sistem imunitasnya. Setidaknya 20 menit dalam seminggu biarkan ia terpapar oleh sinar matahari.

 

Air Susu Ibu

Pemberian ASI eksklusif disarankan selama enam bulan. Hal ini sangat baik untuk menguatkan imunitas tubuh bayi. ASI kaya akan antibodi dan kolostrum untuk melawan penyakit. Anda dianjurkan untuk menyusui selama setidaknya minimal 6 bulan. Menyusui akan membentuk sistem kekebalan tubuh yang kuat bagi Si Kecil.

 

 

Bermain dengan Hewan Peliharaan


Tahukah Moms, sebuah penelitian baru menemukan bahwa bayi yang tinggal dengan anjing atau kucing peliharaan dapat memiliki risiko yang lebih kecil terkena infeksi telinga, batuk, atau pilek. Mereka juga cenderung tidak memerlukan antibiotik. Para peneliti percaya bahwa kotoran dan alergen yang dibawa oleh hewan peliharaan menyebabkan sistem kekebalan tubuh bayi Anda lebih cepat matang, karena  imun tubuh terbiasa memerangi virus dan bakteri. Namun, Anda pun tetap perlu konsultasikan kembali dengan dokter Anda. Kehadiran hewan peliharaan bisa berisiko bagi bayi di bawah 6 bulan.

 

Jaga Kebersihan Si Kecil


Anda harus menjaga kebersihan, terutama ketika bayi Anda berada di bawah enam bulan. Hindari penyebaran kuman dengan memperhatikan kebersihan rumah. Terutama di masa pandemi virus Covid 19 seperti saat ini. Anda bisa terapkan kebiasaan 3 M (mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker, menjaga jarak dengan orang lain). Tak hanya itu, pastikan seluruh anggota keluarga membersihkan tubuh setelah bepergian sebelum bertemu Si Kecil.

 

Konsumsi Makanan dan Vitamin

 

Pastikan Si Kecil terpenuhi asupan nutrisinya setiap hari dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi yang dibutuhkan mereka. Moms, juga bisa berikan suplemen atau vitamin tambahan yang mampu membantu menjaga kekebalan Si Kecil.