Tips Menjaga Kesehatan Si Kecil Selama Liburan

Musim libur telah tiba! Saatnya Anda dan keluarga pergi berlibur sekaligus melepas penat setelah padatnya aktivitas selama ini. Dan kebetulan sekali, ini kali pertama Anda mengajak Si Kecil pergi liburan?

 

Meskipun banyaknya aktivitas seru yang bisa dilakukan Si Kecil selama liburan, namun Anda tetap harus memperhatikan kesehatan mereka ya Moms. Saat liburan, terkadang justru membuat kesehatan mereka menjadi rentan terhadap penyakit. Nah, bagaimana solusi tepat menjaga kesehatan Si Kecil selama liburan? Yuk simak tips berikut ini!

 

 

Jaga Kesehatannya Menjelang Liburan

Agar Si Kecil tidak sakit selama liburan, maka pastikan Moms menjaga kesehatan mereka dengan sangat baik ya. Setidaknya 1 minggu menjelang keberangkatan. Hindari kegiatan yang terlalu melelahkan, hindari semua hal yang memicu alergi, hindari berpergian ke tempat umum seperti Mall, pasar, dan tempat-tempat lainnya yang berpotensi dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh mereka.

 

Tunda Keberangkatan Bila Si Kecil Kurang Fit

Biasanya, bila Si Kecil akan  lebih rewel bila ia sedang mengalami kondisi kurang sehat. Jika hal ini terjadi menjelang keberangkatan liburan Moms dan keluarga, sebaiknya tunda keberangkatan daripada daripada memperburuk kondisinya.

 

Latih Jadwal Tidur Si Kecil

Bila Moms berencana berlibur ke luar negeri yang memiliki perbedaan waktu yang cukup jauh dari daerah asal, sebaiknya ajari atau latih jadwal tidur serta durasi waktu tidur Si Kecil. Sebab, ada beberapa waktu (musim) di tempat tertentu yang memiliki 4 musim, sehingga malam hari muncul lebih awal dan dengan durasi yang singkat atau panjang serta memengaruhi jumlah jam tidur malam Si Kecil.

Anda bisa coba melatihnya untuk tidur lebih awal dan membangunkannya pada waktu yang seharusnya (matahari mulai terbit), meskipun jumlah jam tidurnya lebih singkat.

 

Pilih Transportasi yang Nyaman

Anda sebagai orang dewasa saja tentu bisa merasa jenuh ataupun lelah bila terlalu lama di perjalanan, apalagi Si Kecil. Belum lagi kondisi tubuh daya tahan tubuh Si Kecil yang belum sesempurna orang dewasa, transportasi yang kurang nyaman dan lama pun akan sangat mempengaruhi kondisi kesehatannya. Maka pastikan Moms memilih moda transportasi ternyaman untuk Si Kecil dan pastikan moda transportasi yang Anda pilih memiliki fasilitas untuk bayi atau balita.

Gunakan Si Kecil Pakaian yang Tepat

Jika Anda memilih tempat liburan yang memiliki yang beriklim dingin, pastikan untuk selalu menggunakan pakaian yang hangat untuk Si Kecil, sebaliknya pun jika Anda memilih tempat liburan yang memiliki iklim tropis pastikan untuk menggunakan Si Kecil pakaian yang nyaman dan mudah menyerap keringat. Perbedaan iklim atau suhu yang berbeda-beda membuat mereka rentan jatuh sakit.

 

Pastikan Si Kecil Istirahat, Makan, dan Minum Teratur

Istirahat yang cukup, serta terpenuhinya nutrisi yang tepat selama liburan menjadi salah satu kunci untu menjaga kesehatan Si Kecil agar tetap fit. Jadi pastikan ketiganya telah terpenuhi dengan baik oleh Si Kecil ya Moms.

 

Jangan Biarkan Aktivitas yang Berlebih Selama Liburan

Membiarkan Si Kecil untuk mengeksplorasi tentu sangat baik lho Moms, tapi bukan berarti mereka dapat melakukan berbagai aktivitas tanpa henti. Moms juga perlu membatasi jam dan waktu bermain dan menyeimbangkan dengan waktu istirahat. Terlalu banyak aktivitas yang dilakukan selama liburan dapat membuat Si Kecil lelah dan rentan terhadap penyakit.

 

Pastikan Selalu Bawa Obat

Ingat ya Moms, sistem kekebalan tubuh Si Kecil lebih rentan dibandingkan orang dewasa, inilah sebabnya mereka mudah sekali terkena gangguan kesehatan. Maka Untuk mencegah dan mengatasinya, jangan lupa untuk selalu membawakan obat-obatan Si Kecil sebagai upaya pertolongan pertama. Apa saja jenis obat yang dibawa? Antara lain, obat penurun panas, pilek, batuk, obat diare, lotion penangkal nyamuk. Jangan lupa untuk antisipasi dengan membawa obat alergi serta obat luar seperti cairan desinfektan, plester, balsam, atau minyak kayu putih.

 

Image by Freepik.com