Tips Merencanakan Liburan Bersama Si Kecil

Sudah memasuki musim liburan ini Moms, Anda berencana akan mengajak Si Kecil mengekplorasi hal baru yang belum pernah ia temui sebelumnya?

 

Namun, sebelum memulai liburan pastikan Anda telah mempersiapkan segalanya dan mempertimbangkan segala sesuatu dengan baik agar Si Kecil merasa nyaman selama liburan. Apa saja yang harus diperhatikan saat merencanakan liburan bersama Si Kecil? Yuk simak tips berikut ini!

 

Menentukan Destinasi

Memilih destinasi liburan merupakan hal yang perlu banyak pertimbangan, pasalnya tidak hanya menyajikan destinasi-destinasi liburan yang menyenangkan saja namun juga ramah untuk Si Kecil.

 

Ketahui Cuaca dan Kondisi Destinasi

Jangan lupa untuk mencari tahu cuaca atau musim yang sedang berlangsung di destinasi yang akan Anda tuju. Mulai dari suhu udara, hingga kondisi ekologis. Hal ini dapat membantu Anda dalam menyiapkan pakaian untuk kenyamanan Si Kecil, baik saat musim panas, dingin atau musim hujan seperti saat ini.

 

Lakukan Vaksinasi Jika Diperlukan

 Jika Anda berencana membawa Si Kecil berlibur ke luar negeri, langkah terbaik sebelum melakukan perjalanan adalah pastikan ia mendapatkan vaksinasi yang tepat untuk Si Kecil.

Apa alasannya untuk harus melakukan vaksinasi terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri?

 Hal ini karena arus keluar masuk pendatang dari berbagai penjuru dapat berisiko menularkan beberapa penyakit. Tentukan yang tidak diinginkan terjadi pada anggota keluarga terutama Si Kecil.

 

Pilih Moda Transportasi

Dalam menentukan transportasi menuju tempat liburan Anda, perhitungkan jarak dan waktu yang dibutuhkan. Jika waktu terbatas, meskipun tujuan Anda dapat dicapai dengan mobil atau kereta, lebih baik memilih pesawat terbang.

 

Jika Anda memiliki cukup waktu dan merasa nyaman untuk menempuh perjalanan dalam waktu yang lama bersama Si Kecil, tidak ada salahnya menggunakan mobil atau kereta. Apa pun moda transportasi yang Anda pilih, tetap merupakan bagian pengalaman dan petualangan bagi Si Kecil. Tapi tetap ya, pastikan kenyaman Si Kecil menjadi prioritas utama selama liburan.

 

Jangan Lupa Obat Si Kecil

Banyaknya aktivitas yang dilakukan saat berlibur membuat Si Kecil bisa saja jatuh sakit. Untuk mencegah dan mengatasinya, jangan lupa untuk selalu membawakan obat-obatan Si Kecil sebagai upaya pertolongan pertama. Apa saja jenis obat yang dibawa? Antara lain, obat penurun panas, pilek, batuk, lotion penangkal nyamuk. Jangan lupa untuk antisipasi dengan membawa obat alergi serta obat luar seperti cairan desinfektan, plester, balsam, atau minyak kayu putih.