Tips Penting untuk Mendidik Anak Usia 3 Tahun

Di usianya yang kini sudah memasuki 3 tahun, tentu banyak sekali perkembangan yang dialami oleh Si Kecil. Rasa ingin tahunya serta imajinasi yang mereka miliki semakin lebih besar. Jadi jangan heran bila banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang selalu dilontarkan Si Kecil.

 

Agar tumbuh kembangnya kian optimal, Anda dapat membantu menstimulasinya karena

kini mereka telah siap untuk mendapatkan berbagai pelajaran dari Anda. Apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mendukung mereka, yuk simak di bawah ini!

 

  1. Ajarkan Mereka Makan Sendiri

 

Pada dasarnya diiusia ke-3 tahun, Si Kecil sudah dapat menggunakan alat makan seperti sendok atau garpu. Di sini Anda dapat meminta mereka untuk makan sendiri. Hal ini dapat bermanfaat untuk melatih kemandiriannya. Meskipun mereka makan dengan berantakan, pastikan Anda untuk menahan keinginan untuk menyuapinya ya Moms.

 

  1. Saatnya Potty Training

 

Kapan waktu tepat untuk mengajari Si Kecil Potty Training? Waktu yang tepat untuk mengajari mereka adalah saat mereka sudah menunjukkan kesiapannya. Seperti ketertarikan mereka untuk menggunakan toilet, hingga rasa tidak nyaman saat mereka menggunakan popok. Perlu Anda pahami mengajari Si Kecil untuk potty trainingmemang akan menguras tenaga serta emosi. Namun, jangan menyerah yaMoms!

 

  1. Ajak Mereka Bersosialisasi

 

Diusia 3 tahun, Si Kecil mulai belajar untuk bersosialisasi serta memiliki rasa empati kepada orang-orang yang ada di sekitarnya. Anda bisa stimulasi kemampuan bersosialisasinya dengan berbagai cara. Misalnya, ajak mereka pergi ke taman kota dan bertemu anak-anak seusianya. Atau ajari mereka menunjukkan rasa empatinya dengan berbagi barang, makanan serta mainan dengan orang lain.

 

  1. Ajarkan Mereka Mengendalikan Emosi

 

Saat Si Kecil berusia 3 tahun, mereka telah melawati masa-masa tantrum yang sebelumnya sering terjadi. Walaupun tantrum bisa saja terjadi namun tidak sesering dahulu. Hal ini karena mereka mulai dapat memahami berbagai macam emosi, mulai dari rasa marah, gembira, takut, hingga sedih. Inilah waktu Anda mengajari mereka bagaimana cara mengendalikan emosi.

 

  1. Pendidikan Etika Dasar

 

Mengajari mereka etika dasar itu sangat penting dimulai sejak dini, seperti ucapkan salam, terima kasih, maaf, permisi, serta tolong. Ini membantu agar mereka dapat tumbuh sebagai anak dengan memiliki sikap yang baik.