Your Cart

Your shopping cart is currently empty

Shop Now

Tips Sederhana Mengajarkan Si Kecil Berbagi

articles/Copy_of_DSC05053_edit_1.jpg

Salah satu keterampilan sosial yang wajib dimiliki Si Kecil untuk bekal ia tumbuh dilingkungan adalah kemampuan berbagi dan berempati. Untuk itu, orang tua wajib menanamkan dan mengajarkan konsep berbagi kepada SI Kecil!

 

Beberapa cara ini bisa lho LT Parents lakukan untuk mengasah kemampuan berbagi Si Kecil!

 

  1. Lakukan Saat Usianya Sudah Tepat

Sama dengan perkembangan Si Kecil lainnya, keterampilannya dalam berbagi juga berkembang seiring bertambahnya usia. Jika Anda mengajarkan konsep berbagi terlalu dini tanpa mempertimbangkan usia mereka, khawatir justru ini akan membuatnya frustasi.

 

Bukannya si Kecil mau mengerti, justru ia malah tidak mau berbagi.

 

  1. Jangan Memaksa

Memaksa Si Kecil untuk berbagi atau memberikan barangnya kepada anak lain tidak boleh dilakukan ya. LT Parents perlu mengingat bahwa mereka juga memiliki hak dan pilihannya. Jika Si Kecil belum ingin berbagi barang milikinya, hargai itu. Karena saat Si Kecil dipaksa untuk berbagai barang tanpa izinnya, secara tidak langsung Anda telah merenggut haknya.

 

  1. Jelaskan Konsep Berbagi

Setiap Si Kecil belajar hal baru dalam kehidupannya, tentu ia perlu diberikan penjelasan bagaimana harus melakukannya, dengan siapa dan kenapa. Itu sebabnya, LT Parents perlu memberikan pemahaman dengan cara sederhana.

 

  1. Jadi Contoh atau Panutan

Ibarat spons, Si Kecil sangat mudah menyerap segala sesuatu yang ada di sekitarnya. Termasuk kebiasaan-kebiasaan orangtuanya dan salah satunya kebiasaan berbagi. Jadi pastikan Anda memberikan contoh kebiasaan positif yang dapat mereka tiru.