Introduction

Halo! Ketika anak Anda memasuki tahun kedua, mereka akan menggunakan tangan mereka lebih sering dari sebelumnya. Gerakan-gerakan kecil dan otot-otot yang mereka latih akan membentuk dasar untuk keterampilan masa depan seperti menulis, mengetik, mengikat sepatu, dan lainnya.

Mempelajari warna juga merupakan tahap perkembangan yang menarik. Ini melambangkan awal pemahaman mereka terhadap konsep abstrak dan memberikan banyak kesempatan untuk berbicara, bermain, dan belajar.

Luangkan waktu untuk membaca panduan ini untuk memahami bagaimana memfasilitasi perkembangan dalam setiap area melalui bermain yang bermakna.

Membentuk tangan dominan

Selama tahun mendatang, anak Anda mungkin mulai membangun tangan dominan. Hal ini juga berarti mereka harus belajar untuk "menyeberangi garis tengah" (cross the midline).

Menyeberangi garis tengah terjadi ketika seseorang menggerakkan tubuhnya (tangan, lengan, kaki, atau kaki) melintasi garis vertikal yang digambar di tengah tubuhnya (dari kepala hingga bagian bawah perut). Peregangan dan membungkuk juga termasuk dalam aktivitas menyeberangi garis tengah.

Tanda-tanda bahwa anak Anda tidak menyeberangi garis tengah adalah:

  • Mereka 'terjebak' ketika perlu menyeberangi garis tengah dan beralih tangan untuk menyelesaikan tugas.
  • Mereka mungkin menunjukkan gerakan yang canggung dengan mengatur posisi tubuh mereka untuk menghindari menyeberangi garis tengah.

Tips untuk Mengajarkan Warna

Sebelum Anda memulai, penelitian menunjukkan bahwa cara Anda berbicara tentang warna dapat memudahkan anak Anda dalam belajar tentang warna tersebut.

Daripada mengatakan "ini adalah apel merah", katakanlah "apel ini berwarna merah".

Ketika Anda mengatakan "apel merah", anak Anda mungkin akan berpikir bahwa "apel merah" adalah objek itu sendiri. Ketika Anda mengatakan "apel berwarna merah", hal ini membantu anak Anda memisahkan kata benda dari warna.

Dalam Panduan Bermain ini, Anda akan menemukan:

Daftar periksa perkembangan untuk tahap pembelajaran ini

Timeline bermain langkah demi langkah dengan saran kegiatan

Cara menggunakan Panduan Bermain:

  1. Berpikir untuk mencoba 2 hingga 4 kegiatan dalam sehari dari Timeline Bermain atau membuat kegiatan Anda sendiri.
  2. Pilih kegiatan yang menargetkan domain perkembangan yang berbeda.
  3. Luangkan waktu untuk mendemonstrasikan bagaimana melakukan aktivitas sebelum membiarkan anak Anda mencobanya.