Your Cart

Your shopping cart is currently empty

Shop Now

5 Cara Merangsang Perkembangan Otak Bayi Yang Baru Lahir

articles/mom-talks-laughs-with-her-newborn-son-home-bedroom.jpg

Hindari Suara Bising

Indra pendengaran bayi sudah berkembangan sejak usia 23 minggu dalam kandungan,  Indra ini berperan penting dalam perkembangan bahasa dan otak. Oleh karena itu, tak heran jika ibu hamil banyak disarankan untuk berbicara atau bernyanyi pada bayinya dalam kandungan hingga ia lahir. Serta hindari suara bising di sekitar bayi. Hal ini karena dapat memberikan rangsangan secara berlebihan pada pendengaran Si Kecil.

 

Perbanyak Kontak Mata

Saat pertama bayi baru lahir, ia hanya dapat melihat hingga jarak 20-35 cm didepannya. Meski jarak pandangnya masih terbatas, Saat indra penglihatan bayi berkembang, ia akan belajar mengenai koordinasi mata dan tangan, seperti memegang dan meraih objek. Nah, untuk meningkatkan kemampuan indra penglihatan Si Kecil, sering-seringlah melakukan kontak mata dengannya. Kualitas kontak mata ini sangat penting untuk merangsang perkembangan otaknya.

Anda juga dapat memberikannya mainan sebagai stimulasi bagi bayi baru lahir. Sebagian besar bayi baru lahir senang dengan pola hitam-putih, flash cards, atau buku dengan ragam warna-warni yang menarik

 

Lakukan Skin to Skin

Skin to skin merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk mempererat ikatan batin bayi dengan orang tuanya. Saat melakukan skin to skin, bayi akan merasa lebih aman dan nyaman.

Tak hanya itu, ternyata banyak sekali manfaat dari skin to skin, yaitu mengatur suhu tubuhnya, meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan kekebalan tubuh, hingga merangsang pertumbuhan otak.

Skin to skin bisa dilakukan dengan cara meletakkan Si Kecil pada dada Anda tanpa dihalangi oleh pakaian, sehingga kulitnya langsung bersentuhan dengan kulit Anda.

 

Tummy Time

Menurut American Academy of Pediatrics merekomendasikan agar tummy time sudah dilakukan beberapa hari setelah bayi lahir dan tidak ditunda. Ketika melakukan tummy time, bayi akan berusaha mengangkat kepalanya ke atas.

Latihan ini bermanfaat untuk mengembangkan otot-otot tubuhnya, khususnya otot leher, dada, bahu, dan lengan. Tummy time juga dapat melatih keseimbangan tubuh bayi agar bisa segera berguling, merangkak, duduk dan berjalan.

 

Beri Aroma yang Menenangkan

Aroma yang menyenangkan untuk bayi atau yang wanginya sesuai dengan sensitivitas indra penciuman, sudah terbukti meningkatkan ketenangan, perhatian, mood jadi lebih baik dan mengurangi stres pada bayi. Ini sangat bagus untuk merangsang perkembangan otaknya.