Buat Kebiasaan Mencuci Tangan Si Kecil Terasa Menyenangkan

 

Salah satu faktor penting dalam menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat ada di tangan Anda. Mencuci tangan dengan tepat adalah salah satu cara terbaik dan termudah untuk menghindar kuman dan virus masuk ke dalam tubuh kita.

 

Para pakar juga menyebutkan kalau mencuci tangan sebaiknya dilakukan setidaknya 20 detik, namun sebuah studi mengatakan anak-anak biasanya hanya cuci tangan kurang dari 5 detik! Saatnya buat kebiasaan mencuci tangan terasa menyenangkan untuk Si Kecil, yuk simak di bawah ini!

 

  1. Buat Nyanyian Saat Mencuci Tangan

 

Si Kecil tentu suka nyanyian ataupun tarian yang menyenangkan. Moms, bisa membuat sebuah lagu dengan ditambahkan gerakan-gerakan mencuci tangan yang tepat. Misalnya mengubah lirik lagu “Happy Birthday to You” menjadi “Mari Cuci Tangan”.

 

  1. Gunakan Sabun Khusus Anak

 

Sabun tangan khusus anak biasanya memiliki aroma yang wangi dan memiliki busa yang banyak, tentu hal ini membuat Si Kecil merasa bersemangat tiap kali pergi ke westafel untuk mencuci tangan.

 

  1. Beri Mereka Pengetahuan Seputar Kebersihan Tangan

 

Pada awalnya, tentu Si Kecil akan bertanya-tanya mengapa ia harus mencuci tangan. Nah, Moms bisa jelaskan pada mereka bahwa tindakan sederhana seperti mencuci tangan dengan sabun dan air bersih dapat membantu menjaga kesehatan dan mencegah penyebaran kuman dan virus.

 

  1. Tempelkan Poster Langkah Mencuci Tangan

 

Agar langkah-langkah mencuci tangan yang benar selalu diingat Si Kecil, Moms bisa menempelkan poster atau gambar-gambar langkah mencuci tangan di area westafel. Pilih gambar yang lucu dan menarik ya!

 

  1. Beri Mereka Pujian

 

Jangan lupa untuk beri mereka pujian setiap kali mereka melakukan kegiatan mencuci tangan dengan benar dan sesuai dengan langkah-langkah. Dengan begitu Si Kecil akan merasa dihargai dan tidak akan senang bila ia bisa melakukannya lebih sering.