Menstimulasi Kemampuan Bicara Anak Dengan Aktivitas Menyenangkan

 

Seiring perkembangan Si Kecil yang kian pesat tentu membuat Anda merasa bahagia, termasuk mendengar ia terus berceloteh dan dapat mengucapkan setiap kata dengan jelas. Anda bisa lho bantu mereka mengasah kemampuan bicaranya dengan aktivitas yang menyenangkan. Apa saja? Yuk simak di bawah ini!

 

Bernyanyi Bersama

Si Kecil sangat senang bila mendengar lagu-lagu yang mudah dan ceria. Dan ternyata, belajar lewat lagu merupakan cara paling mudah untuk menambah kosakata Si Kecil. Coba ajarkan ia beberapa lagu anak-anak yang liriknya sederhana dan berirama ceria. Anda pasti akan terkejut mendengar betapa hebatnya kemampuan Si Kecil dalam menghafal sebuah lagu dan menyanyikannya dengan nada yang tepat.

 

Jangan Gunakan Bahasa Bayi

Apakah Anda sering menggunakan bahasa bayi atau sengaja berbicara dengan gaya cadel ketika berkomunikasi dengan Si Kecil? Jika ya, segera hentikan kebiasaan tersebut. Saat belajar bicara, penting bagi Si Kecil untuk mendengarkan orang-orang di sekitarnya berkomunikasi menggunakan bahasa yang baik dan benar. Ia pun akan terbiasa mengucapkan setiap kata yang dipelajarinya dengan jelas dan tepat.

 

Membaca Bersama


Membacakan cerita bukanlah hanya sebagai pengantar tidur tapi juga bisa dilakukan setiap waktu. Menurut terapis bicara dan bahasa, Lauren Woodcock, saat mendengarkan suara Anda membacakan cerita, Si Kecil dapat belajar kosakata baru dan menyerapnya didalam ingatan.

Buat ia terlibat dalam cerita yang Anda bawakan. Ajak ia bicara sambil menunjukkan gambar dan bertanya dengan intonasi yang sesuai dengan sebuah kata. Penelitian menunjukkan bahwa berbicara dengan intonasi dapat membantu meningkatkan pemahaman anak Anda terhadap kosakata baru.

 

Kunjungi Perpustakaan atau Taman Baca

Membaca adalah cara tepat untuk menstimulasi kemampuan bicara Si Kecil dan perpustakaan merupakan gudang dari segala buku cerita yang dibutuhkannya. Sesekali Moms bisa mengajak Si Kecil mengunjungi perpustakaan bersama. Di sana, Anda bisa memintanya untuk memilih buku cerita yang disukai dan membacanya bersama. Sesekali, Anda juga bisa memintanya untuk membacakan cerita dari buku yang Anda pilih

 

Berpetualang Bersama

Mengajak Si Kecil berpetualang juga merupakan cara mudah untuk menstimulasi kemampuan bicaranya. Tidak perlu berpetualang ke tempat yang jauh, cukup ajak ia berkeliling di sekitar rumah Anda. Mintalah Si Kecil untuk menceritakan tentang apapun yang dilihat atau ditemuinya. Biarkan ia berceloteh tentang keadaan di sekelilingnya sepuasnya dan tahan diri Anda untuk mengajukan pertanyaan atau menyela pembicaraannya.

 

 

Bermain Walkie Talkie

 

Untuk melakukan permainan ini, Anda membutuhkan 2 buah ponsel mainan atau walkie talkie. Berikan 1 kepada Si Kecil dan 1 untuk Anda. Setelah itu, arahkan Si Kecil duduk di sofa ruang keluarga, sementara Anda duduk di kursi belakangnya atau tempat lain tidak terlihat olehnya. Kemudian, Anda bisa mulai menelepon Si Kecil dan minta ia untuk menjelaskan siapa dirinya, baju apa yang dipakainya, menu makan siangnya, dan sebagainya.