Jenis Mainan Edukatif untuk Mengasah Kecerdasan Si Kecil

Bermain memiliki banyak manfaat untuk perkembangan Si Kecil, termasuk perkembangan otak maupun emosional mereka. Dengan bermain, Si Kecil dapat belajar tentang banyak hal. Mainan yang baik adalah mainan yang dapat membuat Si Kecil bereksplorasi dan mengembangkan imajinasinya Namun, Moms tetap perhatikan ya dalam pemilihan mainan untuk Si Kecil.

Moms tidak harus membelikan mainan yang mahal. Anda bisa menyediakan benda-benda berikut ini untuk mainan yang edukatif. Berikut rekomendasi mainan edukatif dari ya! Yuk simak!

 

1. Puzzle

Puzzle merupakan permainan menyusun potongan gambar. Bisa terbuat dari papan kayu, karton maupun kain. Anda bisa ajak Si Kecil bermain puzzle untuk mengasah kecerdasannya. 

Bermain puzzle adalah salah satu cara yang bagus untuk mengasah otak dan melatih mereka untuk dapat memecahkan suatu masalah.

 

 2. Crayon

Berikan Si Kecil krayon berwarna untuk memancing kreativitasnya dalam memberikan warna dan menuangkan ini melalui hasil karyanya. Aktivitas sederhana dan menyenangkan ini dapat sangat membantu perkembangan si kECIL, sebab mewarnai mampu memicu imajinasi mereka dan memberi mereka kesempatan untuk mengekspresikan diri. 

 

3.  Balok Susun Kayu atau Plastik

Pilihlah mainan sederhana yang bisa menggali ide-ide dalam diri anak, seperti bongkar-pasang dan susun. Anda bisa memilih mainan balok-balok yang biasa terbuat dari kayu maupun plastik. Bermain balok termasuk jenis permainan konstruktif, yaitu mainan yang membantu atau memanipulasi objek atau benda baru yang mungkin berbeda sama sekali dari bentuk asalnya. Beri petunjuk pada Si Kecil untuk membuat menara atau istana.

 

4. Anake Permainan Musik

Bermain musik dapat melatih motorik halus dan juga pendengaran serta kemampuan musikal anak. Ajak Si Kecil memencet tuts piano, memegang tingkat belira atau tongkat drum dan biarkan ia menemukan nadanya sendiri.

 

 5. Bola

Bermain bola tidak hanya untuk merangsang motorik geraknya saja. Jika dimainkan bersama, maka aktivitas tersebut dapat melatih interaksi sosial anak, serta mengajarkan anak tentang menang dan kalah. Bermain bola juga membuat Si Kecil tahu tentang main secara bergiliran sehingga ia lebih menghargai orang lain. 

Tak hanya itu, olahraga ini pun untuk anak juga dapat melatih keseimbangan tubuh, melatih gerak motorik, serta dapat membuat anak berolahraga sehingga ia dapat tetap sehat dan mengurangi obesitas (kegemukan) di kemudian hari.