Pentingnya Membacakan Dongeng untuk Si Kecil

 

Siapa yang tidak tahu bahwa membaca adalah jendela informasi dunia. Setidaknya, itulah yang dikatakan oleh penelitian-penelitian di berbagai negara tentang manfaat membaca, terutama pada anak-anak. Salah satu kegiatan membaca yang menyenangkan untuk dilakukan bersama Si Kecil yakni mendongeng.

Selain menghibur, membacakan dongeng anak juga memiliki banyak manfaat yang bisa membantu tumbuh kembang anak di masa mendatang.

Bukan hanya sebagai kegiatan untuk mengisi waktu luang, dengan sederet manfaat yang akan didapat, tak ada salahnya jika membaca dijadikan sebagai kebutuhan dalam hidup, tak terkecuali kebutuhan dalam membesarkan anak.

  1. Membangkitkan Minat Baca

Membacakan dongeng kepada Si Kecil menjadi pilihan yang menarik jika Anda ingin memulai membiasakan anak untuk gemar membaca buku. Dengan membacakan sebuah cerita, seringkali Si Kecil akan menjadi tertarik untuk mengetahui dongeng yang lain atau bahkan membaca sendiri dongeng yang sudah Anda ceritakan. Ini bisa menjadi modal untuk memperkenalkan buku dan menumbuhkan minat baca pada anak sejak dini.

  1. Membentuk Rasa Empati

Kepekaan anak rentang usia 3-7 tahun akan dirangsang melalui situasi sosial. Dengan mendongeng, anak dapat memupuk pelajaran berempati terhadap lingkungan sekitar.

  1. Melatih Daya Ingat

Balita memiliki daya ingat yang sangat tinggi. Anda bisa manfaatkan aktivitas mendongeng untuk melatih daya ingat Si Kecil dengan menanyakan kembali jalan cerita yang sudah dibacakan. Bahkan, terkadang Si Kecil juga kerap meminta dibacakan dongeng yang sama beberapa kali, karena ia sedang melatih daya ingatnya. Kesempatan ini bisa Moms gunakan untuk meminta Si Kecil menceritakan kembali dongeng yang ia sudah sering dengar itu.

 

  1. Meningkatkan Keterampilan dalam Berbahasa

Kisah dongeng merupakan stimulasi dini yang mampu merangsang keterampilan berbahasa pada anak-anak. Menyuguhkan kisah dongeng kepada anak dapat melatih kemampuan berbahasa mereka. Anak yang rutin didongengkan akan memiliki perbendaharaan kosakata yang lebih beragam dan juga lebih mampu berkomunikasi dengan orang lain.

  1. Mengembangkan Imajinasi

Dunia anak adalah dipenuhi dengan imajinasi mereka yang luar biasaS. Imajinasi bisa membantu anak berpikir kreatif. Saat mendengarkan dongeng, Si Kecil akan mengembangkan imajinasinya untuk membayangkan dongeng tersebut.