Sumber Protein untuk Si Kecil Kesayangan Anda

 

 

Moms, tentu tahukan bahwa protein sangat penting untuk pertumbuhan si Kecil. Yups, fungsi protein memang beragam diantaranya pembentukan struktur sel, membantu sel menjalankan fungsinya, mengatur banyak fungsi di dalam jaringan tubuh dan organ, serta membentuk antibody.

 

Untuk itu, perlu sekali Anda memperhatikan sumber protein baik yang mendukung pertumbuhan Si Kecil. Lalu apa saja sumber protein yang baik untuk mereka? Yuk simak!

 

  1. Ikan

Ikan, terutama tuna dan salmon, merupakan salah satu sumber protein yang paling baik untuk bayi Anda.

Tak hanya itu, jenis-jenis ikan yang hidup di perairan laut dalam juga sangat baik untuk memenuhi kebutuhan protein untuk Si Kecil.

Moms bisa memasukkan ikan dalam menu MPASI Si Kecil dan mengolahnya sesuai dengan tahapan usia bayi.

 

  1. Telur

Kandungan protein pada telur sangatlah tinggi.

Dua butir telur per hari mampu memenuhi kebutuhan lemak dan protein harian untuk Si Kecil.

Rasanya juga lezat dan bisa diolah menjadi banyak ragam makanan

 

  1. Dada Ayam

Ayam merupakan salah satu sumber protein hewani. Dada ayam memiliki kandungan protein lebih tinggi karena bagian ini mengandung lemak yang lebih sedikit dibandingkan bagian tubuh ayam lainnya.

Tekstur yang lembut dan tidak bertulang membuat dada ayam menjadi sumber protein yang mudah diolah sebagai menu MPASI Si Kecil

  1. Daging Tanpa Lemak

Daging sapi atau kambing juga merupakan sumber protein yang baik. Sama seperti halnya ayam, bagian yang tidak berlemak memiliki rasio jumlah protein per kalori yang lebih tinggi.

Untuk Si Kecil yang masih berusia di bawah satu tahun, Moms bisa memilih daging sapi dan mengolahnya dalam bentuk daging cincang /giling sebelum dimasukkan ke dalam makanan pendamping ASI Si Kecil.

 

  1. Ragam Olahan Kedelai

Kedelai termasuk sumber protein nabati penting yang mudah didapatkan di Indonesia. Mama bisa mendapatkan nutrisi baik kedelai dari produk olahannya seperti susu, tahu, dan tempe.

Makanan berbahan dasar kedelai mengandung protein yang cukup tinggi. Harganya pun cukup terjangkau sehingga bisa menjadi alternatif sumber protein utama sehari-hari bagi Si Kecil

  1. Susu

Susu termasuk sumber protein yang baik bagi anak, karena dilengkapi dengan mineral penting penyusun tulang dan gigi.